PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII

Datubara, Henny Gloria (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111147_Cover.pdf] Text
4203111147_Cover.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 4203111147_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111147_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 4203111147_Abstrak.pdf] Text
4203111147_Abstrak.pdf

Download (72kB)
[thumbnail of 4203111147_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111147_Kata_Pengantar.pdf

Download (373kB)
[thumbnail of 4203111147_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111147_Daftar_Isi.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 4203111147_BAB_I.pdf] Text
4203111147_BAB_I.pdf

Download (238kB)
[thumbnail of 4203111147_BAB_V.pdf] Text
4203111147_BAB_V.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 4203111147_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111147_Daftar_Pustaka.pdf

Download (86kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII di SMPN 27 Medan pada semester genap Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen quasi dengan melibatkan dua kelompok: kelompok eksperimen (kelas VII-1) dan kelompok kontrol (kelas VII-3), masing-masing terdiri dari 32 peserta didik. Kelas eksperimen menerima perlakuan menggunakan model TGT berbantuan Wordwall, sementara kelas kontrol menjalani pembelajaran konvensional sebagai pembanding. Data yang dikumpulkan dari kedua kelompok ini kemudian dianalisis untuk menguji hipotesis penelitian, dengan fokus pada aspek statistika seperti mean, median, dan modus. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh signifikan dari penggunaan model TGT berbantuan Wordwall terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII di SMPN 27 Medan. Kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata yang lebih tinggi (82) daripada kelas kontrol (76). Meskipun demikian, variasi nilai antar kedua kelompok relatif stabil, dengan kelas eksperimen menunjukkan sedikit varians yang lebih tinggi (36) dibandingkan kelas kontrol (29,5). Selanjutnya, hasil angket respon peserta didik terhadap Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament berbantuan Wordwall menunjukkan bahwa rata-rata respons peserta didik mencapai 85%, mencerminkan penerimaan yang sangat positif terhadap model pembelajaran ini. Hasil ini memberikan implikasi bahwa implementasi model TGT berbantuan Wordwall tidak hanya efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis, tetapi juga mendapat respons yang baik dari peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 519.5 Dat p
Keywords: Pembelajaran kooperatif; Teams games tournament; Wordwall; Pemecahan masalah matematis; Respons peserta didik; Statistika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 07:32
Last Modified: 26 May 2025 04:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59348

Actions (login required)

View Item
View Item