PENGARUH PENGGUNAAN CLASSPOINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA SMP NEGERI 17 MEDAN KELAS VII

Pakpahan, Eunike (2024) PENGARUH PENGGUNAAN CLASSPOINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA SMP NEGERI 17 MEDAN KELAS VII. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203111025_Cover.pdf] Text
4203111025_Cover.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 4203111025_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203111025_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 4203111025_Abstrak.pdf] Text
4203111025_Abstrak.pdf

Download (116kB)
[thumbnail of 4203111025_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203111025_Kata_Pengantar.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 4203111025_Daftar_Isi.pdf] Text
4203111025_Daftar_Isi.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of 4203111025_BAB_I.pdf] Text
4203111025_BAB_I.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 4203111025_BAB_V.pdf] Text
4203111025_BAB_V.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 4203111025_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203111025_Daftar_Pustaka.pdf

Download (176kB)

Abstract

ClassPoint merupakan media pembelajaran interaktif yang memiliki banyak
fitur, khususnya pada fitur kuis interaktifnya yang dapat menciptakan suasana belajar
yang menyenangkan dan dapat meningkatkan minat siswa. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui ada tau tidaknya pengaruh penggunaan ClassPoint sebagai media
pembelajaran terhadap peningkatan minat belajar siswa SMP Negeri 17 Medan Kelas
VII. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen (eksperimen semu)
dengan desain penelitiian menggunakan pretest-posttest control group design
danmenggunakan teknik random sampling untuk pemilihan sampel. Populasi dari
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 17 Medanyang berjumlah
10 kelas. Sampel pada penelitian ini ada dua kelas yaitu, kelas VII-8 sebagai kelas
kontrol dan kelas VII-10 sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing jumlah
siswa dalam satu kelas 32 orang. Sehingga total sampel pada penelitian ini adalah 64
orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket yang sudah divalidasi
oleh ahli, yaitu 2 dosen pendidikan matematika UNIMED dan 1 guru matematika
SMP Negeri 17 Medan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan IBM
SPSS 25 (Statistical Product and Service Solutions). Hasil penelitian yang didapat
dengan uji hipotesis menggunakan uji-t (Independent Samle t-test) yang diperoleh
signifikansi 0,000 < 0,050 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima dan hasil
peneliitian yang dilakukan dengan analisis n-gain pada peningkatan minat yang
diperoleh pada kelas eksperimen adalah 0,5120 (sedang) dan 0,0037 (rendah) pada
kelas kontrol).Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan
penggunaan ClassPoint sebagai media pembelajaran terhadap penigkatan minat
belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: peningkatan minat belajar siswa, eksperimen semu, ClassPoint.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Jan 2025 04:23
Last Modified: 31 Jan 2025 04:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59329

Actions (login required)

View Item
View Item