PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-COMIC BERBASIS BUDAYA BATAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS

Lumbantobing, Yovanka (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-COMIC BERBASIS BUDAYA BATAK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202111014_Cover.pdf] Text
4202111014_Cover.pdf

Download (57kB)
[thumbnail of 4202111014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202111014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of 4202111014_Abstrak.pdf] Text
4202111014_Abstrak.pdf

Download (280kB)
[thumbnail of 4202111014_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202111014_Kata_Pengantar.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of 4202111014_Daftar_Isi.pdf] Text
4202111014_Daftar_Isi.pdf

Download (255kB)
[thumbnail of 4202111014_BAB_I.pdf] Text
4202111014_BAB_I.pdf

Download (344kB)
[thumbnail of 4202111014_BAB_V.pdf] Text
4202111014_BAB_V.pdf

Download (231kB)
[thumbnail of 4202111014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202111014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (233kB)

Abstract

Pengembangan bahan ajar e-comic berbasis budaya batak menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research & Development). Subjek penelitian adalah 25 siswa kelas VIII SMP N 1 Habinsaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan bahan ajar dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pemberian angket dan pemberian tes. Berdasarkan penelitian melalui tahapan ADDIE menunjukkan hasil kevalidan dengan persentase 3,81 oleh ahli media, kelayakan dengan persentase 94% oleh ahli materi, sehingga bahan ajar e-comic dikatakan sangat valid. Hasil kepraktisan yang diperoleh dari respon guru sebesar 95% dan dari penilaian siswa sebesar 88,7%, sehingga dikatakan bahan ajar e-comic sangat praktis. Keefektifan e-comic menghasilkan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 88%, ketercapaian indikator pembelajaran indikator menganalisis sebesar 92%, mengevaluasi 68%, dan mencipta 68%, peningkatan kemampuan HOTS untuk indikator menganalisis sebesar 8,49%, mengevaluasi 52,9%, dan mencipta 63,8%, dan secara keseluruhan meningkat sebesar 30%. Ditinjau dari hasil n-gain, kemampuan HOTS siswa mengalami peningkatan sebesar 0,5808 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian ini menyatakan bahwa bahan ajar e-comic yang dikembangkan layak, praktis dan efektif diterapkan dalam pembelajaran materi prisma dan limas untuk meningkatkan kemampuan HOTS siswa kelas VIII SMP N 1 Habinsaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-comic, Budaya Batak, HOTS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 30 Jan 2025 08:12
Last Modified: 30 Jan 2025 08:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59290

Actions (login required)

View Item
View Item