Sajahtra (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK SEPEDA MOTOR (TSM) SMK SWASTA BINJAI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. SAJAHTRA NIM. 5112121008. COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
2. SAJAHTRA NIM. 5112121008. RATIFICATION SHEET.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
3. SAJAHTRA NIM. 5112121008. ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. SAJAHTRA NIM. 5112121008. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
5. SAJAHTRA NIM. 5112121008. TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. SAJAHTRA NIM. 5112121008. LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
7. SAJAHTRA NIM. 5112121008. LIST OF FIGURE.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. SAJAHTRA NIM. 5112121008. LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. SAJAHTRA NIM 5112121008. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (389kB) | Preview
13. SAJAHTRA NIM. 5112121008. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. SAJAHTRA NIM. 5112121008. REFERENCES.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata diklat Menggambar Teknik pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Swasta Palapa Binjai melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar dan lembar observasi. Berdasarkan evaluasi hasil belajar dan aktivitas belajar pada setiap pembelajaran dan berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan dalam penelitian ini, ditemukan pada siklus I nilai rata-rata pretest siswa 33,5 lalu pada pelaksanaan posttest meningkat menjadi 70,5. Kemudian setelah dilakukan tindakan perbaikan model pembelajaran berbasis masalah pada siklus II terjadi peningkatak nilai rata-rata posttest siswa, nilai rata-rata posttest meningkat menjadi 82,47 Demikian halnya dengan ketuntasan belajar siswa siklus I sebanyak 17 orang siswa (56,7%) dinyatakan tuntas dan setelah dilakukan tindakan perbaikan siklus II sebanyak 26 orang siswa (86,7%) yang dinyatakan telah tuntas, sedangkan 4 orang siswa (13,3%) belum tuntas. Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan jumlah skor 36,4 siswa tergolong cuku aktif dan setelah dilakukan tindakan perbaikan siklus II diperoleh jumlah skor 37,9 siswa tergolong aktif. Dengan demikian dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata diklat Menggambar Teknik pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Swasta Palapa Binjai Tahun Ajaran 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 029 |
Keywords: | Hasil Belajar Menggambar Teknik; Model Pembelajaran Berbasis Masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 07:02 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 07:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5926 |