PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE SITES BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI MAN 2 LABUHANBATU UTARA

Siagian, Mei Lanie (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GOOGLE SITES BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI MAN 2 LABUHANBATU UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193341006_Cover.pdf] Text
4193341006_Cover.pdf

Download (12kB)
[thumbnail of 4193341006_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193341006_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (436kB)
[thumbnail of 4193341006_Abstrak.pdf] Text
4193341006_Abstrak.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of 4193341006_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193341006_Kata_Pengantar.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 4193341006_Daftar_Isi.pdf] Text
4193341006_Daftar_Isi.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of 4193341006_BAB_I.pdf] Text
4193341006_BAB_I.pdf

Download (133kB)
[thumbnail of 4193341006_BAB_V.pdf] Text
4193341006_BAB_V.pdf

Download (68kB)
[thumbnail of 4193341006_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193341006_Daftar_Pustaka.pdf

Download (137kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuann untuk mengembangkan bahan ajar dengan menggunakan aplikasi google sites berbasis problem based learning berdasarkan tingkat kelayakan dari para ahli, respon guru dan peserta didik, serta mengetahui keefektivan aplikasi google sites terhadap hasil belajar siswa Metode yang digunakan R&D, Model 4D (Define, Design, Develop, Desseminate). Hasil penelitian menujukkan bahwa data tingkat kelayakan produk bahan ajar aplikasi google sites mendapat kriteria “Sangat Layak” dari penilaian ahli materi dengan persentase 90,90%, penilaian ahli pembelajaran diperoleh kriteria “Sangat Layak” dengan persentase 89,58% dan penilaian ahli desan diperoleh kriteria “Sangat Layak” dengan persentase 97,72%. Respon guru biologi diperoleh kriteria “Sangat Baik” dengan persentase 92,85%. Respon siswa diperoleh respon positif dengan kriteria “Sangat Baik” dengan persentase 93,88%. Hasil uji efektivitas dengan menggunakan rumus Ngain diperoleh kriteria “Sedang” dengan persentase 0,57 yang menunjukkan bahwa bahan ajar dengan menggunakan aplikais google sites berbasis problem based learning memberikan pengaruh positif dalam kegiatan pembelajaran biologi khususnya pada materi sistem pencernaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 573.3 Sia p
Keywords: Bahan ajar; Google sites; Problem based learning; Sistem pencernaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QM Human anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Jan 2025 07:34
Last Modified: 09 May 2025 02:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59234

Actions (login required)

View Item
View Item