PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PHET COLORADO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII SMP NEGERI 23 MEDAN

Pulungan, Miftahurrahmah (2024) PENGARUH MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PHET COLORADO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG KELAS VIII SMP NEGERI 23 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201151001_Cover.pdf] Text
4201151001_Cover.pdf

Download (104kB)
[thumbnail of 4201151001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201151001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (681kB)
[thumbnail of 4201151001_Abstrak.pdf] Text
4201151001_Abstrak.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of 4201151001_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201151001_Kata_Pengantar.pdf

Download (715kB)
[thumbnail of 4201151001_Daftar_Isi.pdf] Text
4201151001_Daftar_Isi.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 4201151001_BAB_I.pdf] Text
4201151001_BAB_I.pdf

Download (329kB)
[thumbnail of 4201151001_BAB_V.pdf] Text
4201151001_BAB_V.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 4201151001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201151001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (152kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII SMP Negeri 23 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 23 Medan yang berjumlah 308 siswa. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diperoleh berdasarkan teknik probability random sampling. Kemudian diberi perlakuan yang berbeda kelas eksperimen dengan model inkuri terbimbing berbantuan PhET Colorado dan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Hasil posttest yang diperoleh yaitu rata-rata posttest kelas eksperimen 68,125 dan kelas kontrol 48,774. Selanjutnya, data dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah data dari pretest dan posttest normal dan homogen. Selanjutnya, data posttest di uji t satu pihak diperoleh , maka diterima dan ditolak. Dengan demikian data menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan PhET Colorado Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII SMP Negeri 23 Medan. Perhitungan g Faktor (N-Gain) sebesar 0,787 menunjukkan pada kategori tinggi yang artinya efektif, dan dilihat dari hasil perhitungan dapat disimpulkan terjadi Peningkatan Hasil Belajar Siswa Setelah Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan PhET Colorado Pada Materi Getaran dan Gelombang Kelas VIII SMP Negeri 23 Medan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Inkuiri Terbimbing, PhET Colorado, Hasil Belajar, Getaran dan Gelombang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan IPA
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 24 Jan 2025 02:48
Last Modified: 24 Jan 2025 02:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59208

Actions (login required)

View Item
View Item