PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI

Tanjung, Rafa Alaina (2024) PERBEDAAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA YANG DIBELAJARKAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131014_Cover.pdf] Text
4203131014_Cover.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of 4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 4203131014_Abstrak.pdf] Text
4203131014_Abstrak.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4203131014_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131014_Kata_Pengantar.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131014_Daftar_Isi.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_I.pdf] Text
4203131014_BAB_I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_V.pdf] Text
4203131014_BAB_V.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dan menentukan hubungan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMAN 17 Medan sebanyak dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen 2. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang dikumpulkan melalui nilai posttest siswa untuk mengukur hasil belajar siswa dan lembar observasi aktivitas belajar siswa untuk mengukur aktivitas siswa seama proses pembelajaran. Soal- soal yang digunakan pada penelitian ini sudah dianalisis menggunakan Microsoft excel. Sedangkan, data hasil belajar dan aktivitas siswa diolah menggunakan spss yaitu dengan uji t dua pihak. Namun, sebelum melakukan uji hipotesis tersebut, dilakukan uji prasayarat yaitu uji homogenitas dan normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa antara kelas eksperimen 1 yang diajarkan dengan mengimplementasikan permodelan PBL dibandingkan dengan kelas eksperimen 2 yang diajarkan dengan mengimplementaskan permodelan DL. Hal ini bisa diberikan bukti mengacu pada nilai rerata hasil belajar siswa kelas eksperimen 1 lebih tinggi daripada kelas eksperimen 2. Begitupun dengan aktivitas belajar siswa kelas eksperimen 1 lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen 2. Dari hasil uji hipotesis, dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa t hitung > t tabel = 2,043 > 2,035. Hasil aktivitas belajar ssiwa dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa t hitung > t tabel = 2,443 > 2,035. Hubungan antara aktivitas belajar siswa dengan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa untuk kelas eksperimen 1 diperoleh korelasinya sebesar 0,848 (korelasi tinggi). Sedangkan, untuk kelas eksperimen 2 diperoleh korelasinya sebesar 0,798 (korelasi tinggi).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Hasil belajar, aktivitas belajar siswa, perbedaan, Problem Based Learning, Discovery Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Jan 2025 07:28
Last Modified: 23 Jan 2025 07:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59185

Actions (login required)

View Item
View Item