PENGARUH PENERAPAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI ASAM BASA

Nainggolan, Rachel Indriani (2024) PENGARUH PENERAPAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131014_Cover.pdf] Text
4203131014_Cover.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of 4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 4203131014_Abstrak.pdf] Text
4203131014_Abstrak.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4203131014_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131014_Kata_Pengantar.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131014_Daftar_Isi.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_I.pdf] Text
4203131014_BAB_I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_V.pdf] Text
4203131014_BAB_V.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (429kB)

Abstract

E-Modul merupakan media inovatif yang dapat meningkatkan minat siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran menggunakan e-modul berbasis discovery learning terhadap minat dan hasil belajar siswa pada materi asam basa. Sampel diambil dari populasi secara purposive sebanyak 68 siswa, dimana 34 siswa sebagai kelas eksperimen (pembelajaran dengan penerapan e- modul berbasis discovery learning) dan 34 siswa kelas kontrol (pembelajaran dengan buku paket). Sebelum perlakuan terlebih dahulu dilakukan pre-test kepada kedua sampel , kemudian dilanjutkan dengan pembelajaran melalui penerapan e-modul berbasis discovery learning pada materi asam basa kepada kelas eksperimen dan pembelajaran berbasis discovery learning tanpa e-Modul kepada kelas kontrol, kemudian dilakukan post-test. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif menggunakan sofware SPSS-25 dan dianalaisis secara kuantitatif dengan uji t-dua pihak (Independent Sample t-Test) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan media e-modul berbasis Discovery Learning terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas eksperimen. Dari pengolahan data diperoleh hasil sebagai berikut: rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 81,9 dan kelas kontrol 73,6 dengan nilai Sig (2- tailed) > 0,05 atau 0,061 > 0,05 dan 0,067 > 0,05, menunjukkan nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (Selisih rata- rata hasil belajar 8,3%). Korelasi antara minat belajar dan hasil belajar siswa berkorelasi positif dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,689 (kategori koefisien korelasi tinggi). Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan e-modul berbasis Discovery Learning sangat berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar kimia siswa pada materi asam basa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: e-Modul berbasis Discovery Learning , Minat Belajar, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Jan 2025 07:12
Last Modified: 23 Jan 2025 07:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59183

Actions (login required)

View Item
View Item