PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI

Ginting, Priskilla Br (2024) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131014_Cover.pdf] Text
4203131014_Cover.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of 4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 4203131014_Abstrak.pdf] Text
4203131014_Abstrak.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4203131014_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131014_Kata_Pengantar.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131014_Daftar_Isi.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_I.pdf] Text
4203131014_BAB_I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_V.pdf] Text
4203131014_BAB_V.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penggunaan model
Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi laju reaksi. (2)
mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap minat
belajar siswa pada materi laju reaksi. Jenis penelitian ini penelitian eksperimen semu.
Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 14
Medan pada semester ganjil tahun 2023 yang sedang mempelajari materi laju reaksi
sebanyak 7 kelas. Sampel penelitian ini hanya diambil satu kelas dimana adalah
seluruh siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 14 Medan sebanyak 34 orang.
Pengambilan sampel dilakukan dengan metode Random Sampling. Instrumen tes
untuk mengukur hasil belajar siswa sebanyak 20 soal pilihan berganda dan instrumen
non tes berupa angket untuk mengukur minat belajar siswa sebanyak 25 pernyataan.
Teknik analisis yang digunakan adalah nilai rata-rata tes, uji normalitas, uji
homogenitas, uji gain, dan uji hipotesis. Hasil yang diperoleh nilai rata-rata kelas
eksperimen data pretest dan posttest adalah 37,50 dan 79,85 berarti lebih tinggi
daripada nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Data pada uji normalitas
dan homogenitas diperoleh data berdistribusi normal dan data homogen. Hasil uji
hipotesis dilakukan dengan one sample t-test pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh
nilai thitung 2,403 > ttabel 1,692 dengan sig. (2 tailed) 0,022 < α = 0,05 sehingga Ha
diterima dan H0 ditolak. Minat belajar siswa pada kelas eksperimen diperoleh nilai
rata-rata adalah 77,02 dengan kriteria tinggi sebanyak 47,1% serta kriteria sedang
sebanyak 52,9%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model problem based learning, minat belajar, hasil belajar dan laju reaksi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Jan 2025 06:46
Last Modified: 23 Jan 2025 06:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59178

Actions (login required)

View Item
View Item