PENGEMBANGAN LKPD TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM BERBANTUAN QUICK RESPONSE CODE (QR-CODE) PADA MATERI STRUKTUR ATOM KELAS X DI SMAS CERDAS MURNI DELI SERDANG

Ritonga, Putri Niswa Fadhila (2024) PENGEMBANGAN LKPD TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM BERBANTUAN QUICK RESPONSE CODE (QR-CODE) PADA MATERI STRUKTUR ATOM KELAS X DI SMAS CERDAS MURNI DELI SERDANG. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131014_Cover.pdf] Text
4203131014_Cover.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of 4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 4203131014_Abstrak.pdf] Text
4203131014_Abstrak.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4203131014_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131014_Kata_Pengantar.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131014_Daftar_Isi.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_I.pdf] Text
4203131014_BAB_I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_V.pdf] Text
4203131014_BAB_V.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih kurangnya bahan ajar yang menarik pada pembelajaran KIMIA di SMAS Cerdas Murni. Proses pembelajaran hanya beorientasi pada buku paket dan masih jarang yang terintegrasi Nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Berbantuan Quick Response Code (QR-Code) Pada Materi Struktur Atom Kelas X di SMAS Cerdas Murni Deli Serdang. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D dimana ada empat tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (desseminates). Penelitian ini dilakukan hingga tahap ketiga, yaitu tahap pengembangan (development).Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji kevalidan LKPD, uji kepraktisan LKPD, dan respon peserta didik. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa validitas produk LKPD sudah dinyatakan sangat valid berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi pembelajaran memperoleh nilai 82,6%, dan ahli media memperoleh nilai 80,8% dengan kategori seluruh penilaian sangat valid dengan nilai rata-rata keseluruhan 81,9% dengan revisi. Tingkat praktikalitas oleh guru dinyatakan sangat praktis untuk digunakan kepada peserta didik dalam pembelajaran, dengan nilai rata-rata keseluruhan 96,8%, dan respon peserta didik memperoleh nilai rata-rata keseluruhan 89,6% dengan kategori sangat baik Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka LKPD terintegrasi ayat Al-Qur’an Berbantuan Quick Response Code (QR-Code) pada materi Struktur Atom sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: LKPD, Integrasi Nilai-nilai Islam, Quick Response Code (QR-Code), Struktur Atom.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Jan 2025 06:28
Last Modified: 23 Jan 2025 06:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59175

Actions (login required)

View Item
View Item