Hutasoit, Sartika Nauli (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECAKAPAN BERKOMUNIKASI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMAN 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203131014_Cover.pdf
Download (17kB)
4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (486kB)
4203131014_Abstrak.pdf
Download (192kB)
4203131014_Kata_Pengantar.pdf
Download (214kB)
4203131014_Daftar_Isi.pdf
Download (201kB)
4203131014_BAB_I.pdf
Download (349kB)
4203131014_BAB_V.pdf
Download (9kB)
4203131014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (429kB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan nilai aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran dan kecakapan berkomunikasi siswa yang bervariasi dengan bantuan media Macromedia Flash pada materi larutan penyangga, serta melihat interaksi antara model pembelajaran dengan kecakapan berkomunikasi siswa terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Medan yang berjumlah sembilan kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas diambil dengan cara Purposive Sampling. Kelas eksperimen I (XI MIPA 2) diterapkan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas eksperimen II (XI MIPA 4) diterapkan model pembelajaran Learning Cycle 7E. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar sebanyak 20 soal pilihan berganda dan instrumen non tes berupa lembar observasi kecakapan berkomunikasi dan aktivitas belajar siswa. Uji hipotesis dilakukan dengan ANOVA dua jalur (ANOVA two way) with General Linear Model (GLM) multivariate dengan hasil penelitian diperoleh harga sig. 0,000 untuk nilai aktivitas belajar dan harga sig. 0,000 untuk hasil belajar. Nilai kedua sig. < � (0,05) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata nilai aktivitas dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran yang bervariasi. Lalu diperoleh nilai sig. 0,000 pada aktivitas dan hasil belajar. Dimana nilai kedua sig. < � (0,05) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata nilai aktivitas dan hasil belajar siswa dengan kecakapan berkomunikasi yang bervariasi. Selanjutnya pada interaksi antara model pembelajaran dengan kecakapan berkomunikasi diperoleh harga sig. 0,045 untuk aktivitas belajar dan sig. 0,006 untuk hasil belajar. Dari kedua nilai sig. < � (0,05) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kecakapan berkomunikasi terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Discovery Learning, Model Learning Cycle 7E, Kecakapan Berkomunikasi, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Media Macromedia Flash, Larutan Penyangga. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 02:51 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 02:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59152 |