PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECAKAPAN BERKOMUNIKASI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMAN 5 MEDAN

Hutasoit, Sartika Nauli (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECAKAPAN BERKOMUNIKASI TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMAN 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131014_Cover.pdf] Text
4203131014_Cover.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of 4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 4203131014_Abstrak.pdf] Text
4203131014_Abstrak.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4203131014_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131014_Kata_Pengantar.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131014_Daftar_Isi.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_I.pdf] Text
4203131014_BAB_I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_V.pdf] Text
4203131014_BAB_V.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan nilai aktivitas dan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran dan kecakapan berkomunikasi siswa yang bervariasi dengan bantuan media Macromedia Flash pada materi larutan penyangga, serta melihat interaksi antara model pembelajaran dengan kecakapan berkomunikasi siswa terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 5 Medan yang berjumlah sembilan kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas diambil dengan cara Purposive Sampling. Kelas eksperimen I (XI MIPA 2) diterapkan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas eksperimen II (XI MIPA 4) diterapkan model pembelajaran Learning Cycle 7E. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes hasil belajar sebanyak 20 soal pilihan berganda dan instrumen non tes berupa lembar observasi kecakapan berkomunikasi dan aktivitas belajar siswa. Uji hipotesis dilakukan dengan ANOVA dua jalur (ANOVA two way) with General Linear Model (GLM) multivariate dengan hasil penelitian diperoleh harga sig. 0,000 untuk nilai aktivitas belajar dan harga sig. 0,000 untuk hasil belajar. Nilai kedua sig. < � (0,05) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata nilai aktivitas dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran yang bervariasi. Lalu diperoleh nilai sig. 0,000 pada aktivitas dan hasil belajar. Dimana nilai kedua sig. < � (0,05) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata nilai aktivitas dan hasil belajar siswa dengan kecakapan berkomunikasi yang bervariasi. Selanjutnya pada interaksi antara model pembelajaran dengan kecakapan berkomunikasi diperoleh harga sig. 0,045 untuk aktivitas belajar dan sig. 0,006 untuk hasil belajar. Dari kedua nilai sig. < � (0,05) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kecakapan berkomunikasi terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Discovery Learning, Model Learning Cycle 7E, Kecakapan Berkomunikasi, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Media Macromedia Flash, Larutan Penyangga.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 23 Jan 2025 02:51
Last Modified: 23 Jan 2025 02:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59152

Actions (login required)

View Item
View Item