Ginting, Sinta Selfrida Sari (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MEDAI VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAPA HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI LAJU REKAKSI. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203131014_Cover.pdf
Download (17kB)
4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (486kB)
4203131014_Abstrak.pdf
Download (192kB)
4203131014_Kata_Pengantar.pdf
Download (214kB)
4203131014_Daftar_Isi.pdf
Download (201kB)
4203131014_BAB_I.pdf
Download (349kB)
4203131014_BAB_V.pdf
Download (9kB)
4203131014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (429kB)
Abstract
Studi ini memiliki tujuan untuk menentukan adanya pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa dan menentukan hubungan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa . Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA di SMAN 1 Bahorok sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelas Eksperimen dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah skor lembar observasi motivasi belajar dan hasil tes yang didapat melalui selisih antara posttest dan pretest . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar dan motivasi belajar anatar kelas eksperimen dan kelas kontrol dimana kelas eksperimen menggunakan model Discovery Learning dengan berbantuan media video pembelajaran sedangkan pada kelas kontrol tanpa menggunakan model tetapi memakai media pembelajaran video pembelajaran . Hal ini bisa bisa diberikan bukti mengacu pada nilai rata – rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelasa kelas kontrol. Begitupun dengan motivasi belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan nilai motivasi belajar di kelas kontrol.Dari hasil uji hipotesis, dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa t hitung> t tabel = 15,401> 2,036. Hasil motivasi belajar siswa dengan menggunakan uji t diperoleh bahwa t hitung> t tabel = 19,679> 2,036. Hubungan antara motivasi belajar siswa dengan hasil belajar siswa menunjukkan bahwa untuk kelas eksperimen diperoleh korelasinya sebesar 0,681 (korelasi tinggi). Sedangkan, untuk kelas kontrol diperoleh korelasinya sebesar 0,627 (korelasi tinggi).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Hasil belajar, Motivasi Belajar Siswa, Perbedaan,Discovery Learning. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 08:56 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 08:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59146 |