Azhar, Khairul (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF POKOK BAHASAN ALAT UKUR KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK NEGERI 1 SIPISPIS T.A 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113121027 COVER.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
2. NIM 5113311018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (483kB) | Preview
3. NIM. 5113121027 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (173kB) | Preview
4. NIM. 5113121027 PREFACE.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
5. NIM. 5113121027 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
6. NIM. 5113121027 TABLES.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
7. NIM. 5113121027 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
8. NIM. 5113121027 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 5113121027 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
13. NIM. 5113121027 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM. 5113121027 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif pokok bahasan alat ukur kelas X Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Sipispis T.A 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X TKR I dan X TKR II Semester Genap di SMK Negeri 1 Sipispis yang terdiri dari 2 kelas. Kelas eksperimen (X TKR I) berjumlah 35 orang dan kelas kontrol (X TKR II) berjumlah 34 orang. Sebelum melakukan penelitian telah dilakukan uji coba instrumen sebanyak 25 butir soal, yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil ulangan. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif pokok bahasan alat ukur dalam bentuk objektif tes sebanyak 22 butir soal, dimana sebelumnya telah di uji cobakan untuk mengetahui tingkat validitas tes, reliabilitas tes, daya pembeda tes, dan tingkat kesukaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah post test sebesar 81 sedangkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran ekspositori adalah post test sebesar 70. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh yaitu 4,26 > 2,00 pada taraf signifikan 5% atau α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif pokok bahasan alat ukur di SMK Negeri 1 Sipispis T.A 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 033 |
Keywords: | Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL); Model Pembelajaran Ekspositori; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 03:58 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 03:58 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5914 |