PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM

Wardani, Tri Kesuma (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4201131014_Cover.pdf] Text
4201131014_Cover.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 4201131014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4201131014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (191kB)
[thumbnail of 4201131014_Abstrak.pdf] Text
4201131014_Abstrak.pdf

Download (525kB)
[thumbnail of 4201131014_Kata_Pengantar.pdf] Text
4201131014_Kata_Pengantar.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of 4201131014_Daftar_Isi.pdf] Text
4201131014_Daftar_Isi.pdf

Download (461kB)
[thumbnail of 4201131014_BAB_I.pdf] Text
4201131014_BAB_I.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 4201131014_BAB_V.pdf] Text
4201131014_BAB_V.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of 4201131014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4201131014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (263kB)

Abstract

Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) adalah suatu
model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan dan melibatkan aktivitas seluruh siswa dalam proses pembelajaran. Peranan guru dalam pembelajaran yaitu sebagai fasilitator dan motivator serta harus menciptakan suasana psikologis yang dapat membangkitkan respon siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Quizizz terhadap prestasi belajar kimia siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kartika I-2 Medan pada bulan November- Desember. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 7 kelas. Sampel dalam penelitian diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Quizizz dan kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa pilihan berganda. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas untuk mengatahui data kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t (pihak kanan) untuk mengetahui pengaruh model dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar kimia siswa dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh model dan
media pembelajaran terhadap prestasi belajar kimia siswa, yaitu pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu thitung > ttabel dengan hasil 2,213 > 2,045, sehingga H0 ditolak dengan perbedaan rata-rata 3,160. Dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Quizizz lebih baik dan lebih efektif terhadap prestasi belajar kimia siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.24 War p
Keywords: Teams games tournament; Quizizz; Pretasi belajar; Struktur atom
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:50
Last Modified: 24 Apr 2025 09:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59135

Actions (login required)

View Item
View Item