PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM

Wardani, Tri Kesuma (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA QUIZIZZ TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131014_Cover.pdf] Text
4203131014_Cover.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of 4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 4203131014_Abstrak.pdf] Text
4203131014_Abstrak.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4203131014_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131014_Kata_Pengantar.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131014_Daftar_Isi.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_I.pdf] Text
4203131014_BAB_I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_V.pdf] Text
4203131014_BAB_V.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (429kB)

Abstract

Model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) adalah suatu
model pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan dan melibatkan aktivias
seluruh siswa dalam proses pembelajaran. Peranan guru dalam pembelajaran yaitu
sebagai fasilitator dan motivator serta harus menciptakan suasana psikologis yang
dapat membangkitkan respon siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan
media Quizizz terhadap prestasi belajar kimia siswa. Penelitian ini dilaksanakan
di SMA Kartika I-2 Medan pada bulan November- Desember. Penelitian ini
menggunakan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 7 kelas. Sampel dalam penelitian
diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas
eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran Teams Games
Tournament (TGT) berbantuan media Quizizz dan kelas kontrol dibelajarkan
dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah
instrumen tes berupa pilihan berganda. Data dianalisis dengan uji normalitas, uji
homogenitas untuk mengatahui data kedua sampel berdistribusi normal dan
homogen. Selanjutnya dilakukan uji t (pihak kanan) untuk mengetahui pengaruh
model dan media pembelajaran terhadap prestasi belajar kimia siswa dengan taraf
signifikansi 0,05. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh model dan
media pembelajaran terhadap prestasi belajar kimia siswa, yaitu pada kelas
eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu thitung > ttabel dengan
hasil 2,213 > 2,045, sehingga H0 ditolak dengan perbedaan rata-rata 3,160. Dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)
berbantuan media Quizizz lebih baik dan lebih efektif terhadap prestasi belajar
kimia siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Teams Games Tournament, Quizizz, Pretasi Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Jan 2025 07:50
Last Modified: 22 Jan 2025 07:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59135

Actions (login required)

View Item
View Item