Pangaribuan, Eli Ester (2024) PENGARUH MOTIVASI DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203131014_Cover.pdf
Download (17kB)
4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (486kB)
4203131014_Abstrak.pdf
Download (192kB)
4203131014_Kata_Pengantar.pdf
Download (214kB)
4203131014_Daftar_Isi.pdf
Download (201kB)
4203131014_BAB_I.pdf
Download (349kB)
4203131014_BAB_V.pdf
Download (9kB)
4203131014_Daftar_Pustaka.pdf
Download (429kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada interaksi antara motivasi
dan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa SMA dan untuk mengetahui
apakah ada pengaruh motivasi dan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa
SMA pada materi kesetimbangan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI SMA Negeri 2 Medan yang mengambil jurusan IPA. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini diambil secara random sampling sebanyak dua kelas,
yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen I yang dibelajarkan dengan penerapan
media Simulasi Interaktif dan satu kelas sebagai kelas eksperimen II yang
dibelajarkan dengan media Video Animasi. Instrumen yang digunakan pada
penelitian ini terdiri dari instrumen tes dan non tes. Instrumen non tes yang digunakan
berupa angket motivasi belajar siswa . Instrumen tes yang digunakan pada penelitian
ini berupa tes kognitif dengan reabilitas 0,902 . Berdasarkan hasil uji persyaratan,
diketahui bahwa data hasil pretest, posttest pada kelas eksperimen I dan Eksperimen
II berdistribusi normal dan homogen. Untuk uji hipotesis I mengenai interaktif antara
motivasi dan media pembelajaran terhadap hasil belajar dengan taraf signifikan 0,05
di peroleh data fhitung > ftabel yaitu 12,47 > 4,11 , yang berarti Ha diterima dan tolak
Ho yaitu ada interaksi antara motivasi dan media pembelajaran terhadap hasil belajar
siswa SMA. Untuk uji hipotesis II mengenai pengaruh motivasi terhadap hasil belajar
siswa di peroleh data fhitung > ftabel yakni 5,94 > 4,11 yang berarti Ha diterima dan tolak
Ho yaitu ada perbedaan yang sangat signifikan rataan nilai hasil belajar siswa dengan
motivasi tinggi yang diajarkan dengan media simulasi interaktif phET selanjutnya
dilakukan uji lanjutan (BNT) dan di peroleh hasil 5,17. Selanjutnya untuk hipotesis
III mengenai pengaruh media belajar terhadap hasil belajar siswa SMA di peroleh data
fhitung ftabel yakni (6,52 > 4,11), Ha diterima dan tolak Ho yaitu ada perbedaan yang
sangat signifikan rataan nilai hasil belajar siswa dengan motivasi rendah yang
diajarkan dengan media video animasi selanjutnya dilakukan uji lanjutan (BNT) dan
di peroleh hasil 1,69.maka dapat disimpulkan (1) Ada interaksi antara motivasi belajar
dan media pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 2 Medan
pada materi kesetimbangan kimia. (2) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil
belajar kimia siswa pada materi kesetimbangan kimia. (3) Ada pengaruh media
pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi kesetimbangan kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Motivasi belajar, Media Pembelajaran, Hasil Belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:42 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 07:42 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59133 |