Purba, Samuel Randa (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN ALAT UKUR KELAS X SMK SWASTA PARULIAN 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113321032 COVER.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
2. NIM. 5113321032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (508kB) | Preview
3. NIM. 5113321032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4. NIM. 5113321032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
5. NIM. 5113321032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
6. NIM. 5113321032 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
7. NIM. 5113321032 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
8. NIM. 5113321032 LIST OF ENCLOSURE.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
9. NIM. 5113321032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
13. NIM. 5113321032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
14. NIM. 5113321032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini diajukan karena rendahnya hasil belajar pada kompetensi dasar teknik penggunaan alat-alat ukur dimana dari 30 siswa yang dinyatakan tuntas (KKM ≥ 70) 13 siswa atau sekitar 43% dan 17 siswa lagi dinyatakan tidak tuntas. Dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar pada kompetisi dasar teknik penggunaan alat-alat ukur. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X TKR SMK Parulian 3 Medan, yang mana terdiri atas 33 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Tindakan Peneletian Kelas (PTK), dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), yang mana dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Objek penelitian ini adalah untuk menemukan apakah penerapan STAD bisa secara signifikan Meningkatkan hasil belajar kompetensi dasar teknik menggunakan alat-alat ukur. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan postes dan lembar pengamatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Dimana pada tes awal sebelum diberikan tindakan nilai rata-rata siswa 41,21 dengan jumlah persentase ketuntasan klasikal 45,45%. Pada siklus I dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) diperoleh nilai rata-rata siswa 70,91 dengan persentase ketuntasan klasikal 75,% dan persentase aktifitas belajar siswa 66%. Meski sudah mengalami peningkatan namun kelas belum dapat dinyatakan tuntas secara klasikal (siswa yang tuntas ≥ 80%) oleh karena itu dilanjutkan dengan siklus II dengan mempertimbangkan hasil refleksi pada siklus I. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa 80,76 dengan persentase ketuntasan klasikal 87% dan persentase aktifitas belajar siswa 78%. Pada siklus II kelas telah mengalami peningkatan hasil belajar dan telah dinyatakan tuntas secara klasikal. Dengan itu dapat disimpulkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TKR SMK Parulian 3 Medan pada kompetisi dasar teknik penggunaan alat-alat ukur
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 038 |
Keywords: | Model Pembelajaran; Student Team Achievement Division (STAD); Hasil Belajar; Alat Ukur. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ170 Mechanics applied to machinery. Dynamics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 03:41 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5913 |