PENGARUH MOTIVASI DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA

Pangaribuan, Eli Ester (2024) PENGARUH MOTIVASI DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131014_Cover.pdf] Text
4203131014_Cover.pdf

Download (17kB)
[thumbnail of 4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131014_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 4203131014_Abstrak.pdf] Text
4203131014_Abstrak.pdf

Download (192kB)
[thumbnail of 4203131014_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131014_Kata_Pengantar.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131014_Daftar_Isi.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_I.pdf] Text
4203131014_BAB_I.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of 4203131014_BAB_V.pdf] Text
4203131014_BAB_V.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of 4203131014_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131014_Daftar_Pustaka.pdf

Download (429kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada interaksi antara motivasi
dan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa SMA dan untuk mengetahui
apakah ada pengaruh motivasi dan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa
SMA pada materi kesetimbangan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas XI SMA Negeri 2 Medan yang mengambil jurusan IPA. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini diambil secara random sampling sebanyak dua kelas,
yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen I yang dibelajarkan dengan penerapan
media Simulasi Interaktif dan satu kelas sebagai kelas eksperimen II yang
dibelajarkan dengan media Video Animasi. Instrumen yang digunakan pada
penelitian ini terdiri dari instrumen tes dan non tes. Instrumen non tes yang digunakan
berupa angket motivasi belajar siswa . Instrumen tes yang digunakan pada penelitian
ini berupa tes kognitif dengan reabilitas 0,902 . Berdasarkan hasil uji persyaratan,
diketahui bahwa data hasil pretest, posttest pada kelas eksperimen I dan Eksperimen
II berdistribusi normal dan homogen. Untuk uji hipotesis I mengenai interaktif antara
motivasi dan media pembelajaran terhadap hasil belajar dengan taraf signifikan 0,05
di peroleh data fhitung > ftabel yaitu 12,47 > 4,11 , yang berarti Ha diterima dan tolak
Ho yaitu ada interaksi antara motivasi dan media pembelajaran terhadap hasil belajar
siswa SMA. Untuk uji hipotesis II mengenai pengaruh motivasi terhadap hasil belajar
siswa di peroleh data fhitung > ftabel yakni 5,94 > 4,11 yang berarti Ha diterima dan tolak
Ho yaitu ada perbedaan yang sangat signifikan rataan nilai hasil belajar siswa dengan
motivasi tinggi yang diajarkan dengan media simulasi interaktif phET selanjutnya
dilakukan uji lanjutan (BNT) dan di peroleh hasil 5,17. Selanjutnya untuk hipotesis
III mengenai pengaruh media belajar terhadap hasil belajar siswa SMA di peroleh data
fhitung ftabel yakni (6,52 > 4,11), Ha diterima dan tolak Ho yaitu ada perbedaan yang
sangat signifikan rataan nilai hasil belajar siswa dengan motivasi rendah yang
diajarkan dengan media video animasi selanjutnya dilakukan uji lanjutan (BNT) dan
di peroleh hasil 1,69.maka dapat disimpulkan (1) Ada interaksi antara motivasi belajar
dan media pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 2 Medan
pada materi kesetimbangan kimia. (2) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil
belajar kimia siswa pada materi kesetimbangan kimia. (3) Ada pengaruh media
pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi kesetimbangan kimia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Motivasi belajar, Media Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 22 Jan 2025 06:48
Last Modified: 22 Jan 2025 06:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59125

Actions (login required)

View Item
View Item