Pangaribuan, Eli Ester (2024) PENGARUH MOTIVASI DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA KELAS XI PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. Undergraduate thesis, UNIMED.
![[thumbnail of 4203131076_Cover.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131076_Cover.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 4203131076_Lembar_Pengesahan.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131076_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 4203131076_Abstrak.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131076_Abstrak.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 4203131076_Kata_Pengantar.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131076_Kata_Pengantar.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 4203131076_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131076_Daftar_Isi.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 4203131076_Daftar_Isi.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131076_Daftar_Isi.pdf
Download (126kB)
![[thumbnail of 4203131076_BAB_I.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131076_BAB_I.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 4203131076_BAB_V.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131076_BAB_V.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of 4203131076_Daftar_Pustaka.pdf]](https://digilib.unimed.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4203131076_Daftar_Pustaka.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada interaksi antara motivasi dan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa SMA dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi dan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa SMA pada materi kesetimbangan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Medan yang mengambil jurusan IPA. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini diambil secara random sampling sebanyak dua kelas, yaitu satu kelas sebagai kelas eksperimen I yang dibelajarkan dengan penerapan media Simulasi Interaktif dan satu kelas sebagai kelas eksperimen II yang dibelajarkan dengan media Video Animasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari instrumen tes dan non tes. Instrumen non tes yang digunakan berupa angket motivasi belajar siswa. Instrumen tes yang digunakan pada penelitian ini berupa tes kognitif dengan reabilitas 0,902 . Berdasarkan hasil uji persyaratan, diketahui bahwa data hasil pretest, posttest pada kelas eksperimen I dan Eksperimen II berdistribusi normal dan homogen. Untuk uji hipotesis I mengenai interaktif antara motivasi dan media pembelajaran terhadap hasil belajar dengan taraf signifikan 0,05 di peroleh data fhitung > ftabel yaitu 12,47 > 4,11 , yang berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu ada interaksi antara motivasi dan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa SMA. Untuk uji hipotesis II mengenai pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa di peroleh data fhitung > ftabel yakni 5,94 > 4,11 yang berarti Ha diterima an tolak Ho yaitu ada perbedaan yang sangat signifikan rataan nilai hasil belajar siswa dengan motivasi tinggi yang diajarkan dengan media simulasi interaktif phET selanjutnya
dilakukan uji lanjutan (BNT) dan di peroleh hasil 5,17. Selanjutnya untuk hipotesis III mengenai pengaruh media belajar terhadap hasil belajar siswa SMA di peroleh data fhitung ftabel yakni (6,52 > 4,11), Ha diterima dan tolak Ho yaitu ada perbedaan yang sangat signifikan rataan nilai hasil belajar siswa dengan motivasi rendah yang diajarkan dengan media video animasi selanjutnya dilakukan uji lanjutan (BNT) dan diperoleh hasil 1,69.maka dapat disimpulkan (1) Ada interaksi antara motivasi belajar dan media pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa SMA Negeri 2 Medan pada materi kesetimbangan kimia. (2) Ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi kesetimbangan kimia. (3) Ada pengaruh media pembelajaran terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi kesetimbangan kimia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 541.392 Pan p |
Keywords: | Motivasi belajar; Animasi; Simulasi interaktif; Project based learning; Kesetimbangan kimia; Media pembelajaran; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 05:50 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 05:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59106 |