PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN e- MODUL TERHADAP KREATIVITAS DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA

Malau, Binro Maldon (2024) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN e- MODUL TERHADAP KREATIVITAS DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131063_Cover.pdf] Text
4203131063_Cover.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4203131063_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131063_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (476kB)
[thumbnail of 4203131063_Abstrak.pdf] Text
4203131063_Abstrak.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4203131063_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131063_Kata_Pengantar.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4203131063_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131063_Daftar_Isi.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4203131063_BAB_I.pdf] Text
4203131063_BAB_I.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of 4203131063_BAB_V.pdf] Text
4203131063_BAB_V.pdf

Download (11kB)
[thumbnail of 4203131063_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131063_Daftar_Pustaka.pdf

Download (5MB)

Abstract

Model pembelajaran discovery learning (DL) adalah model pembelajaran berbasis penemuan yang berpusat pada siswa (student-centered). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan korelasi kreativitas dan hasil belajar dengan model pembelaran discovery learning berbantuan e-modul pada materi laju reaksi. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dan kuantitatif. Sampel diambil dari populasi secara purposive sampling sebanyak 32 siswa kelas eksperimen (pembelajaran dengan model DL berbantuan e-modul) dan 32 siswa kelas kontrol (pembelajaran konvensional). Penelitian dilakukan dengan pemberian pre-test kepada kelas eskperimen dan kontrol, setelah itu diterapkan pembelajaran materi laju reaksi dengan model yang berbeda kepada kedua kelas sampel, selanjutnya dilakukan postest. Data yang diperoleh diolah secara kualitatif dan kuantitatif menggunakan statistik. Dari pengolahan data diperoleh hasil sebagai berikut: rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 81,7 dan kelas kontrol 72,9 dengan Fhitung < FTabel atau 1,49 < 1,78 sehingga data hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol bersifat homogen, sedangkan nilai N-gain kelas eksperimen 0,712 atau peningkatan hasil belajar 71,20% (kategori tinggi), sementara kelas kontrol 0,60 atau peningkatan hasil belajar 60,0% (kategori sedang). Korelasi antara kreativitas dengan peningkatan hasil brlajar siswa kelas eksperimen diperoleh 0,467 dengan determinasi indeks 21%. Maka, pembelajaran menggunakan model DL berbantuan e-modul dapat berpengaruh terhadap kreativitas dan peningkatan hasil belajar kimia siswa pada materi laju reaksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model pembelajaran Discovery Learning berbantuan e-modul, kreativitas, peningkatan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Jan 2025 08:12
Last Modified: 21 Jan 2025 08:12
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59095

Actions (login required)

View Item
View Item