Ginting, Al Miza (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM-PjBL PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Undergraduate thesis, UNIMED.
4203131040_Cover.pdf
Download (20kB)
4203131040_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (935kB)
4203131040_Abstrak.pdf
Download (13kB)
4203131040_Kata_Pengantar.pdf
Download (598kB)
4203131040_Daftar_Isi.pdf
Download (114kB)
4203131040_BAB_I.pdf
Download (164kB)
4203131040_BAB_V.pdf
Download (77kB)
4203131040_Daftar_Pustaka.pdf
Download (90kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan, Validitas, Kepraktisan, Efektivitas dan Respon peserta didik terhadap E-Modul berbasis STEM-PjBL. Penelitian ini dilakukan di SMAS Kartika I-2 Medan dan sampel kelas XI IPA 2. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dan model pengembangan adalah 4-D (Four D). Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, angket dan tes. Analisi data pada uji validitas menggunakan rumus Momen kappa dan uji efektivitas menggunakan uji N-Gain. Hasil yang diperoleh yaitu Analisis kebutuhannya guru belum maksimal menggunakan model pembelajaran PjBL, dan belum pernah menggunakan E-Modul berbasis STEM-PjBL serta buku yang digunakan belum memuat project dan STEM. Sebanyak 69,7% peserta didik merasa bosan dan 57,6% peserta didik lebih senang melakukan pembelajaran berbasis project. Validitas diperoleh rata-rata momen kappa 0,82 kategori sangat tinggi, dari ahli materi 0,86 dan ahli media 0,79 kategori sangat tinggi. Kepraktisan oleh guru diperoleh rata-rata momen kappa sebesar 0,99 kategori sangat tinggi. Efektivitas diperoleh rata-rata N-gain 0,52 kategori sedang. Respon peserta didik diperoleh rata-rata momen kappa 0,81 kategori sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-Modul, STEM-PjBL, Asam Basa, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 07:22 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59088 |