PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM-PjBL PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Ginting, Al Miza (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS STEM-PjBL PADA MATERI ASAM BASA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4203131040_Cover.pdf] Text
4203131040_Cover.pdf

Download (20kB)
[thumbnail of 4203131040_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4203131040_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (935kB)
[thumbnail of 4203131040_Abstrak.pdf] Text
4203131040_Abstrak.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of 4203131040_Kata_Pengantar.pdf] Text
4203131040_Kata_Pengantar.pdf

Download (598kB)
[thumbnail of 4203131040_Daftar_Isi.pdf] Text
4203131040_Daftar_Isi.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of 4203131040_BAB_I.pdf] Text
4203131040_BAB_I.pdf

Download (164kB)
[thumbnail of 4203131040_BAB_V.pdf] Text
4203131040_BAB_V.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 4203131040_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4203131040_Daftar_Pustaka.pdf

Download (90kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis kebutuhan, Validitas, Kepraktisan, Efektivitas dan Respon peserta didik terhadap E-Modul berbasis STEM-PjBL. Penelitian ini dilakukan di SMAS Kartika I-2 Medan dan sampel kelas XI IPA 2. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dan model pengembangan adalah 4-D (Four D). Teknik pengumpulan datanya melalui wawancara, observasi, angket dan tes. Analisi data pada uji validitas menggunakan rumus Momen kappa dan uji efektivitas menggunakan uji N-Gain. Hasil yang diperoleh yaitu Analisis kebutuhannya guru belum maksimal menggunakan model pembelajaran PjBL, dan belum pernah menggunakan E-Modul berbasis STEM-PjBL serta buku yang digunakan belum memuat project dan STEM. Sebanyak 69,7% peserta didik merasa bosan dan 57,6% peserta didik lebih senang melakukan pembelajaran berbasis project. Validitas diperoleh rata-rata momen kappa 0,82 kategori sangat tinggi, dari ahli materi 0,86 dan ahli media 0,79 kategori sangat tinggi. Kepraktisan oleh guru diperoleh rata-rata momen kappa sebesar 0,99 kategori sangat tinggi. Efektivitas diperoleh rata-rata N-gain 0,52 kategori sedang. Respon peserta didik diperoleh rata-rata momen kappa 0,81 kategori sangat tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-Modul, STEM-PjBL, Asam Basa, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Jan 2025 07:22
Last Modified: 21 Jan 2025 07:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59088

Actions (login required)

View Item
View Item