PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA KELAS XI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Saragih, Agnes Florida Patricia (2024) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA BERBASIS POE (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) PADA MATERI LAJU REAKSI DI SMA KELAS XI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4202431005_Cover.pdf] Text
4202431005_Cover.pdf

Download (15kB)
[thumbnail of 4202431005_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4202431005_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (154kB)
[thumbnail of 4202431005_Abstrak.pdf] Text
4202431005_Abstrak.pdf

Download (187kB)
[thumbnail of 4202431005_Kata_Pengantar.pdf] Text
4202431005_Kata_Pengantar.pdf

Download (346kB)
[thumbnail of 4202431005_Daftar_Isi.pdf] Text
4202431005_Daftar_Isi.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 4202431005_BAB_I.pdf] Text
4202431005_BAB_I.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of 4202431005_BAB_V.pdf] Text
4202431005_BAB_V.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of 4202431005_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4202431005_Daftar_Pustaka.pdf

Download (356kB)

Abstract

Pengunaan bahan ajar di sekolah adalah salah satu pendukung dalam proses pembelajaran. Modul merupakan bahan ajar yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar. Kendala yang dihadapi oleh sekolah adalah kurangnya modul kimia yang memadai bagi setiap siswa untuk di dapatkan pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Hal ini membuat siswa menjadi kurang mengerti akan materi kimia terkhusus laju reaksi yang diajarkan dan malas untuk berpikir. Materi kimia merupakan materi yang abstrak dan sulit dipahami oleh siswa karena didalamnya terdapat banyak perhitungan dan konsep yang seharusnya melibatkan peserta didik untuk melatih kemampuan berpikir kritisnya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui tingkat kevalidan modul berbasis POE pada materi laju reaksi yang dikembangkan sesuai standar BNSP. 2) Mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dibelajarkan dengan modul berbasis POE pada materi laju reaksi yang dikembangkan. 3) Mengetahui respon peserta didik terhadap modul berbasis POE pada materi laju reaksi yang dikembangkan. Metode penelitiannya adalah R&D dengan Model pengembangan 4D. Populasi penelitian ini merupakan siswa kelas XI SMA Holy Kids Bersinar Medan. Sampel penelitian ini adalah kelas XI IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ini valid dengan persentase kevalidan sebesar 83,75%. Modul ini juga berhasil dalam meningkatkan kemampuan berfikir peserta didik melalui nilai pretest dan posttest yang telah dilakukan dan dicari n-gainnya maka didapatkan skor sebesar 0,83% kategori tinggi. Respon peserta didik terhadap pengembangan modul ini mendapat skor 93,05 dengan kategori Sangat Baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 541.394 Sar p
Keywords: Modul; Laju reaksi; Berpikir kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry > QD450 Physical and theoretical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 21 Jan 2025 07:16
Last Modified: 09 Apr 2025 05:34
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59087

Actions (login required)

View Item
View Item