Ilhamsyah, Dede (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE SAVI (SOMATIC AUDITORY VISUALIZATION INTELLECTUAL) DAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENGETAHUAN DASAR TEKNIK MESIN SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 SETIA JANJI. Undergraduate thesis, UNIMED.
01. NIM. 5113321007 COVER.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
02. NIM. 5113321007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
03. NIM. 5113321007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
04. NIM. 5113321007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
05. NIM 5111521001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
06. NIM. 5113321007 TABLE.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
07. NIM. 5113321007 ILUSTRATIONS.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
08. NIM. 5113321007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
09. NIM. 5113321007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
13. NIM. 5113321007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. NIM. 5113321007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Mesin kelas X . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran SAVI dengan Inquiri pada mata pelajaran pengetahuan dasar teknik mesin materi belajar mengenal sambungan kelas X-TKR. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil bulan Nopember 2015. Lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Setia Janji. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-TKR di SMK Negeri 1 Setia Janji yang berjumlah 72 siswa yang terdiri dari 2 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah acak. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas eksperimen 1 sebanyak 36 orang pada kelas X TKR 1 dan kelas eksperimen 2 sebanyak 36 orang pada kelas X TKR 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Dari analisis data diperoleh hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran SAVI menghasilkan nilai rata-rata post-test 76.39 dengan standar deviasi 9.38. sedangkan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Inquiri menghasilkan nilai rata-rata 71.81 dengan standar deviasi sebesar 9.03. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, pada taraf nyata α = 0,05 tolak Ho jika thitung > tabel atau nilai kritis yaitu 2.91 > 1.668 dan dengan kata lain Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Pengetahuan Dasar Teknik Mesin yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran SAVI lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Inquiri siswa kelas X SMKN 1 Setia Janji T.A 2015/2016
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 032 |
Keywords: | Model Pembelajaran; SAVI; Inquiri; Hasil Belajar; Teknik Mesin. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 02:12 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 02:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5908 |