PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA KELAS X SMKN 4 MEDAN

Sihotang, Yusril R. (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA KELAS X SMKN 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 4193311049_Cover.pdf] Text
4193311049_Cover.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 4193311049_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
4193311049_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 4193311049_Abstrak.pdf] Text
4193311049_Abstrak.pdf

Download (62kB)
[thumbnail of 4193311049_Kata_Pengantar.pdf] Text
4193311049_Kata_Pengantar.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 4193311049_Daftar_Isi.pdf] Text
4193311049_Daftar_Isi.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of 4193311049_BAB_I.pdf] Text
4193311049_BAB_I.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of 4193311049_BAB_II.pdf] Text
4193311049_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[thumbnail of 4193311049_BAB_III.pdf] Text
4193311049_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[thumbnail of 4193311049_BAB_IV.pdf] Text
4193311049_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[thumbnail of 4193311049_BAB_V.pdf] Text
4193311049_BAB_V.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of 4193311049_Daftar_Pustaka.pdf] Text
4193311049_Daftar_Pustaka.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of 4193311049_Lampiran.pdf] Text
4193311049_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah merancang e-modul berbasis Problem Based Learning yang valid, praktis, dan efektif, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan Computational Thinking siswa. Instrumen penelitiannya: lembar validasi modul ajar, pengamatan aktivitas siswa terhadap e-modul, e-modul oleh ahli materi, e-modul oleh ahli media, dan tes Computational Thinking siswa. Setelah seluruh instrumen divalidasi dan dinyatakan valid, kemudian dilakukan uji coba lapangan. Berdasarkan temuan penelitian, (1) Perangkat pembelajaran memiliki validitas 94,94% untuk modul ajar, validitas e-modul 95,57% untuk ahli materi, dan 94,79% untuk ahli media, kategori sangat valid, (2) Kepraktisan e-modul dikategorikan sangat praktis sebesar 92,31%, (3) E-modul yang dikembangkan efektif yaitu: (a) Tingkat ketuntasan belajar klasikal siswa pada uji lapangan sebesar 96,15%, (b) Tercapainya indikator tujuan pembelajaran dengan rerata 85,26, (c) Terjadi peningkatan nilai Computational Thinking siswa dengan rata-rata 45,52. Melalui uji Gain menunjukkan bahwa Computational Thinking siswa meningkat sebesar 0,77 dalam kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: E-modul, problem based learning, computational thinking.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Jan 2025 09:01
Last Modified: 11 Jul 2025 03:47
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59075

Actions (login required)

View Item
View Item