Sihotang, Yusril R. (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN COMPUTATIONAL THINKING SISWA KELAS X SMKN 4 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
4191111032_Cover.pdf
Download (63kB)
4191111032_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (342kB)
4191111032_Abstrak.pdf
Download (500kB)
4191111032_Kata_Pengantar.pdf
Download (958kB)
4191111032_Daftar_Isi.pdf
Download (364kB)
4191111032_BAB_I.pdf
Download (685kB)
4191111032_BAB_V.pdf
Download (382kB)
4191111032_Daftar_Pustaka.pdf
Download (437kB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah merancang e-modul berbasis Problem Based Learning yang valid, praktis, dan efektif, sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan Computational Thinking siswa. Instrumen penelitiannya: lembar validasi modul ajar, pengamatan aktivitas siswa terhadap e-modul, e-modul oleh ahli materi, e-modul oleh ahli media, dan tes Computational Thinking siswa. Setelah seluruh instrumen divalidasi dan dinyatakan valid, kemudian dilakukan uji coba lapangan. Berdasarkan temuan penelitian, (1) Perangkat pembelajaran memiliki validitas 94,94% untuk modul ajar, validitas e-modul 95,57% untuk ahli materi, dan 94,79% untuk ahli media, kategori sangat valid, (2) Kepraktisan e-modul dikategorikan sangat praktis sebesar 92,31%, (3) E-modul yang dikembangkan efektif yaitu: (a) Tingkat ketuntasan belajar klasikal siswa pada uji lapangan sebesar 96,15%, (b) Tercapainya indikator tujuan pembelajaran dengan rerata 85,26, (c) Terjadi peningkatan nilai Computational Thinking siswa dengan rata-rata 45,52. Melalui uji Gain menunjukkan bahwa Computational Thinking siswa meningkat sebesar 0,77 dalam kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | E-modul, problem based learning, computational thinking. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 09:01 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 09:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59075 |