Purba, Efendi (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK PEMESINAN FRAIS BIDANG KEAHLIAN TEKNIK PEMESINAN SISWA KELAS XI TP B SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113121018 COVER.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
2. NIM 5113121018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (883kB) | Preview
3. NIM. 5113121018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM. 5113121018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
5. NIM. 5113121018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
6. NIM. 5113121018 TABLES.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
7. NIM. 5113121018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 5113121018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
12. NIM. 5113121018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM. 5113121018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya nilai akhir siswa pada materi teknik pemesinan frais. Dimana hasil pengamatan dari nilai siswa pada tahun terakhir menunjukkan bahwa dari 32 jumlah siswa, hanya 15 siswa atau 50% yang mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal, dan 17 siswa atau 50% dikategorikan tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dalam proses belajar mengajar yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teknik pemesinan frais, setelah peneliti menggunakan model Project Based Learning (PjBL) dalam proses belajar mengajar sehingga hasil belajar siswa meningkat. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam yang beralamat di Jalan Galang Lubuk Pakam. Objek dari penelitian ini adalah kelas XI TP-B Teknik Pemesinan yang berjumblah 32 siswa. Subjek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) pada materi teknik pemesinan frais. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observassi aktivitas siswa, hasil proyek serta hasil tes belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat. Pada tes awal sebelum diberikan tindakan terlihat bahwa nilai rata-rata kelas 51,25 dan jumlah persentase ketuntasan klasikal hanya 28,12%. Pada tindakan siklus I dengan penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) diperoleh nilai rata-rata 63,7 dengan persentase ketuntasan klasikal 46,87% , nilai rata-rata psikomotor (praktek) 62,81 dengan persentase ketuntasan klasikal psikomotor (praktek) 37,5%, serta nilai aktivitas siswa meningkat. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan data awal baik dari segi rata-rata kelas maupun ketuntasan belajar. Pada tindakan siklus II dengan penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) diperoleh nilai rata-rata nilai pos-tes semakin meningkat menjadi 70,62 dengan jumlah persentase ketuntasan klasikal 78,12%, nilai rata-rata psikomotor (praktek) juga meningkat menjadi 79,43 dengan jumlah persentase ketuntasan klasikal 87,50% dan nilai observasi aktivitas siswa meningkat. Dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi teknik pemesinan frais kelas XI TP-B Teknik Pemesinan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 040 |
Keywords: | Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL);Hasil Belajar: Teknik Pemesinan Frais. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 01:55 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 01:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5906 |