PENGARUH MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN

Tambunan, Dian Mentari (2024) PENGARUH MEDIA FILM ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 2192411011_Cover.pdf] Text
2192411011_Cover.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of 2192411011_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
2192411011_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 2192411011_Abstrak.pdf] Text
2192411011_Abstrak.pdf

Download (21kB)
[thumbnail of 2192411011_Kata_Pengantar.pdf] Text
2192411011_Kata_Pengantar.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of 2192411011_Daftar_Isi.pdf] Text
2192411011_Daftar_Isi.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of 2192411011_BAB_I.pdf] Text
2192411011_BAB_I.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of 2192411011_BAB_V.pdf] Text
2192411011_BAB_V.pdf

Download (22kB)
[thumbnail of 2192411011_Daftar_Pustaka.pdf] Text
2192411011_Daftar_Pustaka.pdf

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Untuk mendeskripsikan keterampilan menceritakan kembali isi cerita fabel siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan sebelum menggunakan media film animasi. (2) Untuk mendekripsikan keterampilan menceritakan kembali isi cerita fabel siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan setelah menggunakan media film animasi. (3) Untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan media film animasi dalam meningkatkan keterampilan menceritakan kembali isi cerita fabel siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan. Populasi dalam penelitian ini adalah 173 orang siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan dengan sampel penelitian siswa kelas VII-2 SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan sebanyak 32 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu pilihan kata, lafal, irama, jeda, mimik, gestur dan struktur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest- posttes. Teknik analisi data menggunakan uji persyaratan analisis, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil pretest dalalam penelitian ini adalah sebesar 60,03 dengan kriteria cukup. Sedangkan hasil posttest yang diperoleh dalam penelitian ini sebesar 75,68 dengan kriteria baik. Melalui pengujian hipotesa yaitu 12,13178 > 2,03951 dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari media film animasi terhadap keterampilan menceritakan kembali isi cerita fabel siswa kelas VII SMP Negeri 6 Percut Sei Tuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 808.543 Tam p
Keywords: Film animasi; Menceritakan kembali cerita; Fabel; Media pembelajaran; Problem based learning; Keterampilan berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P95 Oral communication. Speech
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 06 Dec 2024 08:39
Last Modified: 06 Dec 2024 08:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59042

Actions (login required)

View Item
View Item