Tambunan, Anita (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMPULKAN ISI TEKS PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP SWASTA KATOLIK BUDI MURNI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UNIMED.
2193111026_Cover.pdf
Download (59kB)
2193111026_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (240kB)
2193111026_Abstrak.pdf
Download (89kB)
2193111026_Kata_Pengantar.pdf
Download (71kB)
2193111026_Daftar_Isi.pdf
Download (60kB)
2193111026_BAB_I.pdf
Download (186kB)
2193111026_BAB_V.pdf
Download (48kB)
2193111026_Daftar_Pustaka.pdf
Download (191kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Kemampuan Menyimpulkan Isi Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan Tahun Ajaran 2023/2024. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 216 orang. Sampel terdiri dari 60 orang yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol sebanyak 30 orang dan kelas eksperimen sebanyak 30 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen two group post-test only control design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essai. Hasil penelitian menunjukkan 1) Kemampuan menyimpulkan isi teks persuasi siswa kelas VIII SMP Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan Tahun Ajaran 2023/2024 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional masih belum memenuhi KKM yang ditentukan sekolah, hasil yang didapat siswa dengan model konvensional yaitu dengan rata-rata 56 tergolong kategori kurang. 2) Kemampuan menyimpulkan isi teks persuasi siswa kelas VIII SMP Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan Tahun Ajaran 2023/2024 dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script mendapat hasil yang meningkat dengan rata-rata 80,16 tergolong kategori baik. Dengan demikian, dapat dikatakan nilai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan nilai kelas kontrol. Berdasarkan uji t diperoleh nilai taraf signifikan α = 0,05 dan n=30, diperoleh ttabel = 2,045. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel yaitu, 5,38 > 2,045, sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dam hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Cooperative Script terhadap kemampuan menyimpulkan isi teks persuasi siswa kelas VIII SMP Swasta Katolik Budi Murni 2 Medan Tahun Ajaran 2023/2024.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 808.062 Tam p |
Keywords: | Cooperative script; Menyimpulkan; Teks persuasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P302 Discourse analysis P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 06 Dec 2024 04:41 |
Last Modified: | 06 Dec 2024 04:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/59041 |