Sitorus, Ricky Giovanni (2016) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK KELAS X SMK PARULIAN 3 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113321030 COVER.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
2. NIM 5113321030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (445kB) | Preview
3. NIM. 5113321030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM. 5113321030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
5. NIM. 5113321030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
6. NIM. 5113321030 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 5113321030 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 5113321030 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 5113321030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (466kB) | Preview
13. NIM. 5113321030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 5113321030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar Gambar Teknik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Siswa Kelas X SMK Parulian 3 Medan yang berjumlah 35 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran picture and picture sedangkan subjeknya adalah siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksakan dalam 2 siklus, dimana setiap siklus memiliki 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran picture and picture meningkat dimana pada tes awal sebelum diberikan tindakan terlihat bahwa nilai rata-rata kelas 72.28 dengan persentase ketuntasan klasikal hanya 57.14 %. Pada siklus I dengan penerapan model pembelajaran Picture and Picture diperoleh rata-rata kelas menjadi 76.71 dan persentase ketuntasan klasikal 74.29 %. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan dari tes awal baik itu dari segi rata-rata kelas maupun ketuntasan klasikal siswa. Pada siklus II dengan penerapan model pembelajaran Picture and Picture di peroleh peningkatan rata-rata kelas menjadi 79.71 dan ketuntasan klasikal menjadi 80 %. Dengan demikian hasil penelitian membuktikan kebenaran hipotesis tindakan, bahwa Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar Gambar Teknik pada siswa kelas X Di SMK Parulian 3 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 042 |
Keywords: | Model Pembelajaran Picture and Picture; Peningkatan hasil belajar siswa;Gambar Teknik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 21 Jun 2016 01:25 |
Last Modified: | 21 Jun 2016 01:25 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5903 |