NASUTION, MUHAMMAD ALI AKBAR (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Materi Rumah Adat Indonesia Tema 7 “Indahnya Keragaman di Negeriku” Subtema 2 Pembelajaran 3 Di Kelas IV SD Negeri 106802 Helvetia Kabupaten Deli Serdang T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1163111047_Cover.pdf
Download (309kB)
1163111047_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (599kB)
1163111047_Abstrak.pdf
Download (280kB)
1163111047_Kata_Pengantar.pdf
Download (406kB)
1163111047_Daftar_Isi.pdf
Download (193kB)
1163111047_Daftar_Gambar.pdf
Download (183kB)
1163111047_Daftar_Tabel.pdf
Download (182kB)
1163111047_Daftar_Lampiran.pdf
Download (182kB)
1163111047_BAB_I.pdf
Download (323kB)
1163111047_BAB_V.pdf
Download (292kB)
1163111047_Daftar_Pustaka.pdf
Download (189kB)
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah minimnya penggunaan media
dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan
media pembelajaran berbasis video sebagai media ajar pada materi rumah adat di
Indonesia kelas IV sekolah dasar dan untuk mengetahui kelayakan produk media
tersebut. Metode penelitian yang digunakan yakni metode Penelitian dan
Pengembangan (Research and Development). Model penelitian ini menggunakan
model 4D oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan, yaitu 1)
pendefinisian, 2) perancangan, 3) pengembangan, 4) penyebaran. Data dalam
penelitian ini yaitu angket validasi ahli materi, ahli materi, dan respon peserta
didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen
wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu teknik analisis deksriptif kualitatif dan teknik analisis
deksriptif kuantitatif. Hasil penelitian telah memproduksi atau menghasilkan
produk berupa media pembelajaran video untuk materi rumah adat di Indonesia
kelas IV sekolah dasar. Hasil uji kelayakan media pada penelitian ini
menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran video untuk materi
rumah adat di Indonesia kelas IV sekolah dasar sangat layak digunakan. Hasil
penilaian dari ahli materi diperoleh persentase 86,5% dengan kategori sangat
layak. Penilaian ahli media diperoleh persentase 94,6% dengan kategori sangat
layak, dan respon peserta didik terhadap media video memperoleh persentase
sebesar 100% dengan kategori sangat setuju
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pengembagan; Media Video; Rumah Adat Indonesia |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:35 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58967 |