SIBURIAN, MELANI ETIKA (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Game Interaktif Berbasis Web Kahoot Pada Tema 7 Sub Tema 1 di Kelas IV SDN 060857 Medan Tembung T.A 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311113_Cover.pdf
Download (128kB)
1193311113_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (792kB)
1193311113_Abstrak.pdf
Download (345kB)
1193311113_Kata_Pengantar.pdf
Download (482kB)
1193311113_Daftar_Isi.pdf
Download (233kB)
1193311113_Daftar_Gambar.pdf
Download (224kB)
1193311113_Daftar_Tabel.pdf
Download (227kB)
1193311113_Daftar_Lampiran.pdf
Download (224kB)
1193311113_BAB_I.pdf
Download (460kB)
1193311113_BAB_V.pdf
Download (228kB)
1193311113_Daftar_Pustaka.pdf
Download (444kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model
pengembangan ADDIE. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan,
praktikalitas, dan efektiktifitas dari media pembelajaran Game Interaktif Berbasis
Web Kahoot. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 060857 Medan
Tembung yang berjumlah 18 siswa yang mana terdapat 10 siswa laki-laki
dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
wawancara, angket, dan tes. Data yang diperoleh dalam riset ini mencakup data
kualitatif serta kuantitatif. Data kualitatif terdiri dari saran serta pendapat yang
diberikan oleh pakar media, pakar modul tematik SD, serta praktisi saat sebelum
serta sehabis uji coba media pendidikan. Data ini dianalisis oleh periset buat
membetulkan serta merevisi produk yang lagi dibesarkan. Hasil uji kelayakan
produk terhadap materi memperoleh persentase 81% dan evaluasi terhadap aspek
media juga mendapatkan persentase 81% yang mengindikasikan bahwa media
tersebut "sangat layak digunakan tanpa revisi”. Respons guru mencapai 94%, dan
tanggapan siswa mencapai 93%, dengan rata-rata respons sebesar 95%, yang
menempatkannya dalam kategori "sangat praktis”. Nilai N-Gain sebesar 0,64
mengindikasikan bahwa media ini "efektif" dalam meningkatkan pemahaman
siswa selama proses pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa
media pembelajaran Game Interaktif Berbasis Web Kahoot layak, praktis, dan
efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Game Interaktif; Web Kahoot; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:34 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58962 |