Salim, Dede Mahyudin (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPRATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ALAT UKUR DI SMK SWASTA PALAPA BINJAI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM 5113121013 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM 5113121013 Legimanation Sheet.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5113121013 Abstract.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
4. NIM 5113121013 Preface.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
5. NIM 5113121013 Table Of Contens.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
6. NIM 5113121013 List Of Tabel.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 5113121013 List Of Figurest.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM 5113121013 List Of Appendix.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 5113121013 Chapter I.pdf - Published Version
Download (542kB) | Preview
13. NIM 5113121013 Chapter V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM 5113121013 References.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Alat ukur dan mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuan siswa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi Pengelompokan Alat Ukur dan Kegunaan Alat Ukur Mekanik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Swasta Pelapa Binjai sebanyak 30 orang. Objek penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi Pengelompokan Alat Ukur dan Kegunaan Alat Ukur Mekanik. 2015/2016.Berdasarkan hasil analisis data hasil belajar siklus I diperoleh 20 siswa (66,7%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 10 siswa (33,3%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas 77.9 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 66,7%. Pada siklus II yang merupakan perbaikan pembelajaran yang telah diberikan pada siklus I, dari hasil tes belajar siklus II diperoleh 27 siswa (90%) telah mencapai ketuntasan belajar dan 3 siswa (10%) lainnya belum tuntas. Nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 83.4 dengan tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 90%. Tema penelitian ini adalah melalui penerrapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan pada materi Pengelompokan Alat Ukur dan Kegunaan Alat Ukur Mekanik .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 MSN 013 |
Keywords: | Hasil Belajar Alat Ukur; Metode Kooperatif Tipe Group Investigation. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 20 Jun 2016 07:48 |
Last Modified: | 20 Jun 2016 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5895 |