Pengembangan Media Pembelajaran Game Interaktif Berbasis Web Wordwall Pada Tema 7 Subtema 1 di Kelas IV SDN 064966 Kec. Medan Perjuangan T.A. 2022/2023.

RITONGA, DITA AIDANA (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Game Interaktif Berbasis Web Wordwall Pada Tema 7 Subtema 1 di Kelas IV SDN 064966 Kec. Medan Perjuangan T.A. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193311116_Cover.pdf] Text
1193311116_Cover.pdf

Download (69kB)
[thumbnail of 1193311116_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193311116_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (858kB)
[thumbnail of 1193311116_Abstrak.pdf] Text
1193311116_Abstrak.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 1193311116_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193311116_Kata_Pengantar.pdf

Download (200kB)
[thumbnail of 1193311116_Daftar_Isi.pdf] Text
1193311116_Daftar_Isi.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 1193311116_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193311116_Daftar_Gambar.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of 1193311116_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193311116_Daftar_Tabel.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 1193311116_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193311116_Daftar_Lampiran.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 1193311116_BAB_I.pdf] Text
1193311116_BAB_I.pdf

Download (372kB)
[thumbnail of 1193311116_BAB_V.pdf] Text
1193311116_BAB_V.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1193311116_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193311116_Daftar_Pustaka.pdf

Download (249kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, praktikalitas, dan
keefektifan dari media pembelajaran game interaktif berbasis web wordwall pada
tema 7 subtema 1 pembelajaran 3 SDN 064966 Medan Perjuangan T.A. 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development)
dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu
tahap Define (Pendefenisian), Design (Desain), Develop (Pengembangan), dan
Disseminate (Penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan dalam
pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara, angket, dan tes. Subjek pada
penelitian ini adalah validator ahli media, ahli materi, guru kelas IV sebagai praktisi
pendidikan serta siswa kelas IV SD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media
pembelajaran game interaktif berbasis web wordwall pada tema 7 subtema 1
pembelajaran 3 dinyatakan layak, praktis, dan efektif digunakan dalam
pembelajaran. Berdasarkan hasil kelayakan produk mendapatkan persentase
84,77% dan termasuk kategori layak. Hasil praktikalitas produk mendapatkan
persentase 88,75% dan termasuk kategori sangat praktis, serta hasil belajar siswa
setelah menggunakan media pembelajaran web wordwall mengalami peningkatan
dengan perolehan nilai post test sebesar 83,5% dengan kriteria sangat layak dan
termasuk kategori efektif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran game interaktif berbasis web wordwall pada tema 7 subtema 1 di
kelas IV SDN 064966 Medan Perjuangan layak digunakan dalam proses kegiatan
belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Interaktif; Pembelajaran Berbasis Game; Wordwall
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 09 Jan 2025 04:21
Last Modified: 09 Jan 2025 04:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58904

Actions (login required)

View Item
View Item