RITONGA, DITA AIDANA (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Game Interaktif Berbasis Web Wordwall Pada Tema 7 Subtema 1 di Kelas IV SDN 064966 Kec. Medan Perjuangan T.A. 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1193311116_Cover.pdf
Download (69kB)
1193311116_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (858kB)
1193311116_Abstrak.pdf
Download (88kB)
1193311116_Kata_Pengantar.pdf
Download (200kB)
1193311116_Daftar_Isi.pdf
Download (88kB)
1193311116_Daftar_Gambar.pdf
Download (55kB)
1193311116_Daftar_Tabel.pdf
Download (84kB)
1193311116_Daftar_Lampiran.pdf
Download (182kB)
1193311116_BAB_I.pdf
Download (372kB)
1193311116_BAB_V.pdf
Download (212kB)
1193311116_Daftar_Pustaka.pdf
Download (249kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan, praktikalitas, dan
keefektifan dari media pembelajaran game interaktif berbasis web wordwall pada
tema 7 subtema 1 pembelajaran 3 SDN 064966 Medan Perjuangan T.A. 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development)
dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu
tahap Define (Pendefenisian), Design (Desain), Develop (Pengembangan), dan
Disseminate (Penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan dalam
pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara, angket, dan tes. Subjek pada
penelitian ini adalah validator ahli media, ahli materi, guru kelas IV sebagai praktisi
pendidikan serta siswa kelas IV SD. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media
pembelajaran game interaktif berbasis web wordwall pada tema 7 subtema 1
pembelajaran 3 dinyatakan layak, praktis, dan efektif digunakan dalam
pembelajaran. Berdasarkan hasil kelayakan produk mendapatkan persentase
84,77% dan termasuk kategori layak. Hasil praktikalitas produk mendapatkan
persentase 88,75% dan termasuk kategori sangat praktis, serta hasil belajar siswa
setelah menggunakan media pembelajaran web wordwall mengalami peningkatan
dengan perolehan nilai post test sebesar 83,5% dengan kriteria sangat layak dan
termasuk kategori efektif. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media
pembelajaran game interaktif berbasis web wordwall pada tema 7 subtema 1 di
kelas IV SDN 064966 Medan Perjuangan layak digunakan dalam proses kegiatan
belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Media Interaktif; Pembelajaran Berbasis Game; Wordwall |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Muhammad Khomaini Wahyudi |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 04:21 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 04:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58904 |