Pengembangan Model Project Based Learning Berbasis Joyfull Learning Pada Kimia Vokasi Dalam Meningkatkan minat Wirausaha dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMK

Pulungan, Tetti Mahrani (2023) Pengembangan Model Project Based Learning Berbasis Joyfull Learning Pada Kimia Vokasi Dalam Meningkatkan minat Wirausaha dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMK. Doctoral thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8206146001_Cover.pdf] Text
8206146001_Cover.pdf

Download (52kB)
[thumbnail of 8206146001_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8206146001_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (678kB)
[thumbnail of 8206146001_Abstrak.pdf] Text
8206146001_Abstrak.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 8206146001_Kata_Pengantar.pdf] Text
8206146001_Kata_Pengantar.pdf

Download (676kB)
[thumbnail of 8206146001_Daftar_Isi.pdf] Text
8206146001_Daftar_Isi.pdf

Download (273kB)
[thumbnail of 8206146001_Daftar_Tabel.pdf] Text
8206146001_Daftar_Tabel.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of 8206146001_Daftar_Gambar.pdf] Text
8206146001_Daftar_Gambar.pdf

Download (182kB)
[thumbnail of 8206146001_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8206146001_Daftar_Lampiran.pdf

Download (180kB)
[thumbnail of 8206146001_BAB_I.pdf] Text
8206146001_BAB_I.pdf

Download (660kB)
[thumbnail of 8206146001_BAB_V.pdf] Text
8206146001_BAB_V.pdf

Download (628kB)
[thumbnail of 8206146001_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8206146001_Daftar_Pustaka.pdf

Download (527kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui Kevalidan Model Project based learning Berbasis Joyfull Learning Pada Kimia Vokasi; (2) mengetahui Kepraktisan Model Project based learning Berbasis Joyfull Learning Pada Kimia Vokasi; dan (3) mengetahui Keefektifan Model Project based learning Berbasis Joyfull Learning Pada Kimia Vokasi Untuk Meningkatkan kreativitas Dan kemampuan berpikir kreatif Siswa SMK. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang dilaksanakan terhadap guru di SMK Batang Onang. Subjek dalam penelitian ini adalah guru terdiri dari masing 34 guru. Objek dalam penelitian ini adalah produk pengembangan model Project Based Learning berbasis Joyfull Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat model pembelajaran Project Based Learning berbasis Joyfull Learning yang valid. Penilaian dan Tanggapan untuk validator Ahli Bahasa memberikan nilai lebih besar atau sama dengan 3,428 (≥ 3,0) dengan kategori valid. Penilaian dan Tanggapan untuk validator Ahli Desain memberikan nilai lebih besar atau sama dengan 3,467 (≥ 3,0) dengan kategori valid. Penilaian dan Tanggapan untuk validator Ahli Materi memberikan nilai lebih besar atau sama dengan 3,529 (≥ 3,0) dengan kategori valid. Penilaian dan Tanggapan untuk validator Ahli Model memberikan nilai lebih besar atau sama dengan 3,475 (≥ 3,0) dengan kategori valid; (2) Hasil praktikalitas model pembelajaran Project Based Learning berbasis Joyfull Learning oleh guru keseluruhan adalah 85,42% secara keseluruhan berkategori sangat praktis. Dengan demikian, hasil angket kepraktisan oleh guru secara umum menunjukkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning berbasis Joyfull Learning dikategorikan sangat praktis; dan (3) Berdasarkan kriteria ketuntasan perorangan maka dapat ditentukan siswa yang telah tuntas belajar secara perorangan. Berdasarkan data diketahui bahwa ketuntasan secara klasikal sudah mencapai 85,29%. Sehingga kemampuan berpikir kreatif secara klasikal sudah tuntas. Dengan kata lain dapat dinyatakan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Project Based Learning berbasis Joyfull Learning lebih tinggi dari pada kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: 540.72 Pul p
Keywords: Project Based Learning, Joyfull Learning, Kreatifitas, dan Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia (S3)
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Jul 2024 12:15
Last Modified: 18 Jul 2024 12:16
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58785

Actions (login required)

View Item
View Item