Nuraida (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Smart Apps Creator (SAC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Membangun Jati Diri dalam Kebhinekaan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, UNIMED.
8226182022_Cover.pdf
Download (48kB)
8226182022_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (199kB)
8226182022_Abstrak.pdf
Download (118kB)
8226182022_Kata_Pengantar.pdf
Download (193kB)
8226182022_Daftar_Isi.pdf
Download (117kB)
8226182022_Daftar_Tabel.pdf
Download (89kB)
8226182022_Daftar_Gambar.pdf
Download (88kB)
8226182022_Daftar_Lampiran.pdf
Download (87kB)
8226182022_BAB_I.pdf
Download (429kB)
8226182022_BAB_V.pdf
Download (171kB)
8226182022_Daftar_Pustaka.pdf
Download (417kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran interaktif pada materi membangun jati diri dalam kebhinekaan berbasis Smart Apps Creator untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif untuk dipakai sebagai media pembelajaran. Model pengembangan yang dipakai berupa model penelitian dan pengembangan 4D (four-D) dengan tahapan define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian terdiri dari validator ahli materi, media, bahasa, guru dan tiga puluh siswa. Media pembelajaran interaktif berbasis Smart Apps Creator pada materi membangun jati diri dalam kebhinekaan secara keseluruhan dinyatakan layak, praktis dan efektif. Hal ini terbukti dari hasil kelayakan validasi oleh ahli materi dari tahap I sebesar 82% capaian layak dan tahap II sebesar 86%, capaian sangat layak, kemudian ahli media pada tahap I sebesar 76.25% capaian layak dan tahap II sebesar 91.7% capaian sangat layak dan terakhir ahli bahasa pada tahap I sebesar 67.5% capaian cukup dan tahap II sebesar 92.5% capaian sangat layak. Kemudian, hasil uji kepraktisan yang dilakukan kepada guru dan siswa didapat hasil rerata dari 30 siswa persentase kepraktisan sebesar 87.5% capaian sangat praktis dan rerata penilaian guru persentase sebesar 91.7% capaian sangat layak, sehingga dikalkulasikan dari penilaian kepraktisan didapat reratanya sebesar 89.6% capaian sangat praktis. Terakhir, keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis Smart Apps Creator dilakukan uji gain dan hasil uji gain mengenai hasil belajar siswa kelas IV nilai sebesar 0.62 terkategori sedang, sehingga dapat dikonklusikan bahwa media pembelajaran berbasis Smart Apps Creator yang dikembangkan memiliki kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan yang dapat dipakai untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 372.8 Nur p |
Keywords: | pengembangan, media smart apps creator, membangun jati diri dalam kebhinekaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 18 Jul 2024 10:17 |
Last Modified: | 18 Jul 2024 10:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58772 |