Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Smart Apps Creator (SAC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Membangun Jati Diri dalam Kebhinekaan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Nuraida (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Smart Apps Creator (SAC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Membangun Jati Diri dalam Kebhinekaan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8226182022_Cover.pdf] Text
8226182022_Cover.pdf

Download (48kB)
[thumbnail of 8226182022_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8226182022_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of 8226182022_Abstrak.pdf] Text
8226182022_Abstrak.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of 8226182022_Kata_Pengantar.pdf] Text
8226182022_Kata_Pengantar.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 8226182022_Daftar_Isi.pdf] Text
8226182022_Daftar_Isi.pdf

Download (117kB)
[thumbnail of 8226182022_Daftar_Tabel.pdf] Text
8226182022_Daftar_Tabel.pdf

Download (89kB)
[thumbnail of 8226182022_Daftar_Gambar.pdf] Text
8226182022_Daftar_Gambar.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of 8226182022_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8226182022_Daftar_Lampiran.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 8226182022_BAB_I.pdf] Text
8226182022_BAB_I.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of 8226182022_BAB_V.pdf] Text
8226182022_BAB_V.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of 8226182022_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8226182022_Daftar_Pustaka.pdf

Download (417kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran interaktif pada materi membangun jati diri dalam kebhinekaan berbasis Smart Apps Creator untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif untuk dipakai sebagai media pembelajaran. Model pengembangan yang dipakai berupa model penelitian dan pengembangan 4D (four-D) dengan tahapan define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian terdiri dari validator ahli materi, media, bahasa, guru dan tiga puluh siswa. Media pembelajaran interaktif berbasis Smart Apps Creator pada materi membangun jati diri dalam kebhinekaan secara keseluruhan dinyatakan layak, praktis dan efektif. Hal ini terbukti dari hasil kelayakan validasi oleh ahli materi dari tahap I sebesar 82% capaian layak dan tahap II sebesar 86%, capaian sangat layak, kemudian ahli media pada tahap I sebesar 76.25% capaian layak dan tahap II sebesar 91.7% capaian sangat layak dan terakhir ahli bahasa pada tahap I sebesar 67.5% capaian cukup dan tahap II sebesar 92.5% capaian sangat layak. Kemudian, hasil uji kepraktisan yang dilakukan kepada guru dan siswa didapat hasil rerata dari 30 siswa persentase kepraktisan sebesar 87.5% capaian sangat praktis dan rerata penilaian guru persentase sebesar 91.7% capaian sangat layak, sehingga dikalkulasikan dari penilaian kepraktisan didapat reratanya sebesar 89.6% capaian sangat praktis. Terakhir, keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis Smart Apps Creator dilakukan uji gain dan hasil uji gain mengenai hasil belajar siswa kelas IV nilai sebesar 0.62 terkategori sedang, sehingga dapat dikonklusikan bahwa media pembelajaran berbasis Smart Apps Creator yang dikembangkan memiliki kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan yang dapat dipakai untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 372.8 Nur p
Keywords: pengembangan, media smart apps creator, membangun jati diri dalam kebhinekaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 18 Jul 2024 10:17
Last Modified: 18 Jul 2024 10:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58772

Actions (login required)

View Item
View Item