Manalu,, Hikmah Zalilah (2016) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMAHAMI DASAR-DASAR ELEKTRONIKA PADA SISWA KELAS XI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK (TITL) SMK NEGERI 1 PAHAE JULU TAHUN AJARAN 2014 / 2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113131021 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
2. NIM. 5113131021 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (517kB) | Preview
4. NIM. 5113131021 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
3. NIM. 5113131021 PREFACE.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
5. NIM. 5113131021 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 5113131021 TABLES.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
7. NIM. 5113131021 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM. 5113131021 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
9. NIM. 5113131021 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (458kB) | Preview
13. NIM. 5113131021 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
14. NIM. 5113131021 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran memahami dasar – dasar elektronika dengan pokok bahasan komponen elektronika pasif melalui pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL SMK Negeri 1 Pahae Julu sebanyak 28 orang. Objek dari penelitian ini adalah penerapan model kooperatif tipe Numbered Head Together. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan tes. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas.
Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes diagnostik untuk mengetahui kemampuan awal dan penentuan kelompok siswa berdasarkan tingkat kemampuan. Data yang diberikan berupa tes hasil belajar yang berbentuk uraian yang diberikan dua kali pada setiap akhir siklus. Pada penelitian ini penggunaan LKS bertujuan sebagai alat bantu pengajaran untuk memudahkan proses belajar mengajar dalam kelompok-kelompok kooperatif.
Dari analisis data setelah diberikan tindakan I (siklus I) diperoleh 19 dari 28 orang siswa (67,86 %) mencapai ketuntasan belajar dan 9 dari 28 orang siswa (32,14%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 71,96. Pada siklus ini ketuntasan belajar secara klasikal belum tercapai.
Dari analisis data setelah diberikan tindakan II (siklus II) diperoleh 24 dari 28 orang siswa (85,71%) mencapai ketuntasan belajar dan 4 dari 28 orang siswa (14,29%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata kelas 79,46. Pada siklus ini ketuntasan belajar secara klasikal sudah tercapai. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus II. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran memahami dasar – dasar elektronika dengan pokok bahasan komponen elektronika pasif di kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Negeri 1 Pahae Julu. Maka disarankan untuk menerapkan model kooperatif tipe numbered head together sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan hasil belajar memahami dasar – dasar elektronika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 004 |
Keywords: | Penerapan; Numbered Head Together; Memahami Dasar – Dasar Elektronika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jun 2016 05:52 |
Last Modified: | 18 Jun 2016 05:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5875 |