Sitinjak, Ardino (2015) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK KELAS XI DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5113331002_COVER.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
2. NIM. 5113331002_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (740kB) | Preview
3. NIM. 5113331002_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 5113331002_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
5. NIM. 5113331002_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
6. NIM. 5113331002_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 5113331002_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
8. NIM. 5113331002_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 5113331002_BAB I.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
13. NIM. 5113331002_BAB V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM. 5113331002_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan strategi pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran instalasi tenaga listrik. Populasi pada penelitian ini berjumlah 3 kelas dengan jumlah siswa 92 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling sehingga muncullah sampelnya 2 kelas dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebesar 32 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah model two-group posttest design. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda sebanyak 20 soal dan soal tersebut telah diuji validitas, reliabilitas, indeks taraf kesukaran, dan daya pembeda. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata tes kelas eksperimen sebesar 80,46 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 71,87. Dengan demikian, diperoleh kesimpulan bahwa adanya perbedaan hasil belajar strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan strategi pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 005 |
Keywords: | Kooperatif Tipe Jigsaw; Instlasi Tenaga Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jun 2016 05:21 |
Last Modified: | 18 Jun 2016 05:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5871 |