Pratama, Priady (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PELATIHAN INDUSTRI (TRAINING WITHIN INDUSTRI) TERHADAP AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR INSTALASI MOTOR LISTRIK SISWA KELAS XI REGULER SMK SWASTA SINAR HUSNI 2 TR LABUHAN DELI. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5103131032 COVER.pdf - Published Version
Download (78kB) | Preview
2. NIM. 5103131032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (8MB) | Preview
3. NIM. 5103131032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
4. NIM. 5103131032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
5. NIM. 5103131032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
6. NIM. 5103131032 TABLES .pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
7. NIM. 5103131032 ILLUSTRATION .pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
8. NIM. 5103131032 APPENDICES .pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
9. NIM. 5103131032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
13. NIM. 5103131032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (79kB) | Preview
14. NIM. 5103131032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar pada siswa kelas XI Reguler program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik terhadap penerapan strategi pembelajaran pelatihan indsutri (Training Within Industri). Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Lokasi penelitian di SMK Swasta Sinar Husni 2 TR Labuhan Deli, yang beralamatkan di Jl. Veteran Gg. Utama Psr. V Helvetia Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Instrument penelitian ini menggunakan tes berupa Job Sheet dan non tes yang berupa lembar observasi, dengan Subjek penelitian siswa kelas IX Reguler program keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Swasta Sinar Husni 2 TR Labuhan Deli Tahun Ajaran 2015/2016, yaitu sebanyak 1 kelas yang terdiri dari 20 orang siswa.
Hasil observasi memperlihatkan bahwa terjadi peningkatan aktifitas siswa pada siklus I rata-rata 69,625 % menjadi rata-rata 86,375 % pada siklus II , dengan rincian 12 siswa dinyatakan aktif dan 8 siswa dinyatakan tidak aktif pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 19 siswa dinyatakan aktif dan 1 siswa dinyatakan tidak aktif. Sedangkan hasil belajar pada siklus I sebanyak 13 (65%) siswa yang kompeten, dan pada siklus II terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan yaitu sebanyak 19 (95%) siswa yang kompeten. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I yakni 68,84 atau < 70, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan yakni 85,67 atau >70. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran pelatihan industry (training within industry) dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar instalasi motor listrik siswa kelas IX reguler program studi Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMK Swasta Sinar Husni 2 TR Labuhan Deli Tahun Ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 012 |
Keywords: | Psikomotor; Pelatihan Industri; Motor Listrik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jun 2016 04:52 |
Last Modified: | 18 Jun 2016 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5869 |