Pengembangan Bahan Ajar Konseling Tema Penguatan Inisiatif Belajar Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 18 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi.

BR Hasibuan, Nurul Hidayah (2023) Pengembangan Bahan Ajar Konseling Tema Penguatan Inisiatif Belajar Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 18 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1191151026_Cover.pdf] Text
1191151026_Cover.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of 1191151026_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1191151026_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of 1191151026_Abstrak.pdf] Text
1191151026_Abstrak.pdf

Download (157kB)
[thumbnail of 1191151026_Kata_Pengantar.pdf] Text
1191151026_Kata_Pengantar.pdf

Download (168kB)
[thumbnail of 1191151026_Daftar_Isi.pdf] Text
1191151026_Daftar_Isi.pdf

Download (91kB)
[thumbnail of 1191151026_Daftar_Gambar.pdf] Text
1191151026_Daftar_Gambar.pdf

Download (179kB)
[thumbnail of 1191151026_Daftar_Tabel.pdf] Text
1191151026_Daftar_Tabel.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of 1191151026_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1191151026_Daftar_Lampiran.pdf

Download (248kB)
[thumbnail of 1191151026_BAB_I.pdf] Text
1191151026_BAB_I.pdf

Download (176kB)
[thumbnail of 1191151026_BAB_V.pdf] Text
1191151026_BAB_V.pdf

Download (159kB)
[thumbnail of 1191151026_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1191151026_Daftar_Pustaka.pdf

Download (236kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar inisiatif belajar yang valid, efektif, dan praktis dalam pelaksanaan layanan konseling pada siswa kelas X SMA Negeri 18 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunkaan model penelitian 4D (Define, Design, Development, Disseminate) subjek dalam penelitain ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 18 Medan Tahun Ajaran 2022/2023 dengan jumlah 29 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, observasi, dan latihan penguatan inisiatif belajar. Berdasarkan validasi oleh ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain grafis terhadap bahan ajar konseling penguatan inisiatif belajar yang dikembangkan mendapatkan kevalidan, pada ahli materi 91% kategori “sangat valid”, oleh ahli bahasa memperoleh 83% dengan kategori “sangat valid”, dan persentase ahli desain grafis sebesar 86% dengan kategori “sangat valid”. Dalam uji coba pengembangan bahan ajar yang dinilai oleh guru bimbingan konseling pada keefektifan bahan ajar memperoleh sebesar rata-rata 100dengan kategori “sangat efektif”, dan kepraktisan bahan ajar rata-rata 100 dengan kategori “sangat praktis”. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa bahan ajar penguatan inisiatif belajar yang dikembangkan sudah valid, efektif, dan praktis untuk digunakan pada siswa kelas X SMA Negeri 18 Medan Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bahan Ajar Konseling; Penguatan Inisiatif Belajar; 4D.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC189 Educational sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 05 Jul 2024 09:52
Last Modified: 05 Jul 2024 09:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58684

Actions (login required)

View Item
View Item