Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Pada Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Korban Broken Home Di SMK Jambi Medan

Sidabutar, lilis Granella (2023) Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Pada Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Korban Broken Home Di SMK Jambi Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193351051_Cover.pdf] Text
1193351051_Cover.pdf

Download (28kB)
[thumbnail of 1193351051_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193351051_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (760kB)
[thumbnail of 1193351051_Abstrak.pdf] Text
1193351051_Abstrak.pdf

Download (228kB)
[thumbnail of 1193351051_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193351051_Kata_Pengantar.pdf

Download (312kB)
[thumbnail of 1193351051_Daftar_Isi.pdf] Text
1193351051_Daftar_Isi.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of 1193351051_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193351051_Daftar_Gambar.pdf

Download (99kB)
[thumbnail of 1193351051_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193351051_Daftar_Tabel.pdf

Download (100kB)
[thumbnail of 1193351051_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193351051_Daftar_Lampiran.pdf

Download (101kB)
[thumbnail of 1193351051_BAB_I.pdf] Text
1193351051_BAB_I.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1193351051_BAB_V.pdf] Text
1193351051_BAB_V.pdf

Download (305kB)
[thumbnail of 1193351051_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193351051_Daftar_Pustaka.pdf

Download (438kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving pada kemampuan komunikasi interpersonal siswa korban broken home di SMK Jambi Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Subjek penelitian dikumpulkan siswa kelas X korban broken home yang berjumlah 10 orang siswa. Data Penelitian dikumpulkan dengan skala valid dan reliabel. Skala diberikan sebelum dan sesudah pelaksanaan bimbingan kelompok. Data skor rata-rata pre-test 62,2 dan skor rata-rata post-test 96,0 maka selisih skor rata-rata 33,8 artinya skor kemampuan komunikasi interpersonal lebih rendah sebelum mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving, dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving maka kemampuan komunikasi interpersonal pada siswa korban broken home menjadi meningkat 35,20%. Data dianalisis menggunakan uji wilcoxon untuk melihat apakah ada perubahan positif dan signifikan pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Berdasarkan hasil perhitungan uji wilcoxson jumlah jenjang pertanda positif= 34 dan jumlah jenjang bertanda negatif= 21. Jadi, nilai J= 34 yaitu jumlah jenjang yang lebih besar. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda berpaksa dengan n= 10, =0,05, maka diperoleh J dimana 49> 8. Artinya bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving pada kemampuan komunikasi interpersonal siswa korban broken home di SMK Jambi Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bimbingan Kelompok; Teknik Problem Solving; Kemampuan Komunikasi Interpersonal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698 Personality
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 04 Jul 2024 08:23
Last Modified: 04 Jul 2024 08:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58676

Actions (login required)

View Item
View Item