Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa kelas X SMA IT Khairul Imam Medan Tahun Ajaran 2022/2023

Marito, Donna (2023) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Problem Solving Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Siswa kelas X SMA IT Khairul Imam Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1193351024_Cover.pdf] Text
1193351024_Cover.pdf

Download (80kB)
[thumbnail of 1193351024_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
1193351024_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1193351024_Abstrak.pdf] Text
1193351024_Abstrak.pdf

Download (212kB)
[thumbnail of 1193351024_Kata_Pengantar.pdf] Text
1193351024_Kata_Pengantar.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of 1193351024_Daftar_Isi.pdf] Text
1193351024_Daftar_Isi.pdf

Download (211kB)
[thumbnail of 1193351024_Daftar_Gambar.pdf] Text
1193351024_Daftar_Gambar.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of 1193351024_Daftar_Tabel.pdf] Text
1193351024_Daftar_Tabel.pdf

Download (113kB)
[thumbnail of 1193351024_Daftar_Lampiran.pdf] Text
1193351024_Daftar_Lampiran.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of 1193351024_BAB_I.pdf] Text
1193351024_BAB_I.pdf

Download (566kB)
[thumbnail of 1193351024_BAB_V.pdf] Text
1193351024_BAB_V.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 1193351024_Daftar_Pustaka.pdf] Text
1193351024_Daftar_Pustaka.pdf

Download (336kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok Teknik problem solving terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas X SMA IT Khairul Imam Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu. Subjek pada penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas X. Data skor rata-rata pre-test 77 dan skor rata-rata post-test 141,3 maka selisih skor rata-rata 64,3 artinya rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa lebih tinggi sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving maka keterampilan berpikir kritis siswa menjadi meningkat 38%. Data analisis menggunakan uji Wilcoxon untuk melihat apakah ada perubahan positif dan signifikansi pemberian layanan bimbingan kelompok teknik problem solving. Berdasarkan hasil perhitungan uji Wilcoxon jumlah jenjang bertanda positif = 27 dan jumlah jenjang bertanda negatife = 28. Jadi, nilai J = 27 yaitu jumlah jenjang yang lebih besar dari tabel nilai kritis J untuk uji yang bertanda Wilcoxon, dimana n = 10, α = 0,05, maka diperoleh Jtabel = 8. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon diperoleh hasil bahwa Jhitung > Jtabel dimana 27 > 8, artinya bahwa ada pengaruh layanan bimbingan kelompok teknik problem solving terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA IT Khairul Imam Medan Tahun Ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Bimbingan Kelompok; Problem Solving; Berpikir Kritis
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF176 Psychological tests and testing
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF725 Class psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Muhammad Khomaini Wahyudi
Date Deposited: 02 Jul 2024 03:08
Last Modified: 02 Jul 2024 03:08
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58661

Actions (login required)

View Item
View Item