Sinaga, Venina (2023) Pengaruh Kemampuan Spasial, Kemampuan Visual Thinking, dan Kemampuan Kombinatorik terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Masters thesis, UNIMED.
8206172011_Cover.pdf
Download (59kB)
8206172011_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (697kB)
8206172011_Abstrak.pdf
Download (243kB)
8206172011_Kata_Pengantar.pdf
Download (445kB)
8206172011_Daftar_Isi.pdf
Download (209kB)
8206172011_Daftar_Tabel.pdf
Download (205kB)
8206172011_Daftar_Gambar.pdf
Download (423kB)
8206172011_Daftar_Lampiran.pdf
Download (490kB)
8206172011_BAB_I.pdf
Download (1MB)
8206172011_BAB_V.pdf
Download (268kB)
8206172011_Daftar_Pustaka.pdf
Download (734kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) pengaruh kemampuan spasial, kemampuan visual thinking dan kemampuan kombinatorik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa secara simultan dan 2) pengaruh kemampuan spasial, kemampuan visual thinking dan kemampuan kombinatorik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa secara parsial. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA swasta dan negeri di Medan pada tahun ajaran 2022/2023. Sampel pada penelitian ini sebanyak 123 siswa yang diambil dari 4 sekolah yang ada di Medan dengan kriteria satu sekolah unggul swasta maupun negeri dan satu sekolah biasa swasta maupun negeri yang dilihat dari hasil survey LTMPT UTBK tahun 2022 yaitu SMA Santo Thomas 1 Medan, SMA Negeri 15 Medan, SMA Methodist 12 Medan dan SMA Negeri 14 Medan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes uraian yaitu tes kemampuan visual thinking, tes kemampuan kombinatorik dan tes kemampuan pemecahan masalah dan pilihan ganda yaitu tes kemampuan spasial. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji prasyarat, model regresi linear berganda, model regresi linear sederhana, analisis korelasi dan koefisien determinan. Hasil penelitian menunjukan: 1) terdapat pengaruh kemampuan spasial, kemampuan visual thinking dan kemampuan kombinatorik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa secara simultan dengan nilai Sig. 0.000<0.05 dan Adjusted R Square sebesar 0,930 atau 93% dengan keeratan hubungan yang sangat kuat secara simultan. 2) terdapat pengaruh kemampuan spasial terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai Sig. 0.000<0.05 dan koefisien determinan (R2) sebesar 0.850 atau 85% dengan keeratan hubungan yang sangat kuat. 3) terdapat pengaruh kemampuan visual thinking terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai Sig. 0.000<0.05 dan koefisien determinan (R2) sebesar 0,855 atau 85,5% dengan keeratan hubungan yang sangat kuat. 4) terdapat pengaruh kemampuan kombinatorik terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan nilai Sig. 0.000<0.05 dan koefisien determinan (R2) sebesar 0.903 atau 90,3% dengan keeratan hubungan yang sangat kuat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.72 Sin p |
Keywords: | Kemampuan spasial, kemampuan visual thinking, kemampuan kombinatorik, kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 15:26 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 15:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58651 |