Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran Matematika Kelas IV SD NEGERI 068083 MEDAN

Manulisa, Ellyza (2024) Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran Matematika Kelas IV SD NEGERI 068083 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 8216121004_Cover.pdf] Text
8216121004_Cover.pdf

Download (198kB)
[thumbnail of 8216121004_Lembar_Pengesahan.pdf] Text
8216121004_Lembar_Pengesahan.pdf

Download (190kB)
[thumbnail of 8216121004_Abstrak.pdf] Text
8216121004_Abstrak.pdf

Download (314kB)
[thumbnail of 8216121004_Kata_Pengantar.pdf] Text
8216121004_Kata_Pengantar.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of 8216121004_Daftar_Isi.pdf] Text
8216121004_Daftar_Isi.pdf

Download (261kB)
[thumbnail of 8216121004_Daftar_Tabel.pdf] Text
8216121004_Daftar_Tabel.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of 8216121004_Daftar_Gambar.pdf] Text
8216121004_Daftar_Gambar.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 8216121004_Daftar_Lampiran.pdf] Text
8216121004_Daftar_Lampiran.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 8216121004_BAB_I.pdf] Text
8216121004_BAB_I.pdf

Download (644kB)
[thumbnail of 8216121004_BAB_V.pdf] Text
8216121004_BAB_V.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 8216121004_Daftar_Pustaka.pdf] Text
8216121004_Daftar_Pustaka.pdf

Download (509kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran yaitu video pembelajaran animasi untuk meningkatkan hasil belajar pada pelajaran matematika yang efektif dan mudah digunakan untuk pembelajaran matematika. Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Yang dimana tahapannya sebagai berikut : (1) Tahap Analisis Kebutuhan, analisis ini dilakukan melalui studi lapangan yang dilalui dengan beberapa tahpan; (2) Tahap Desain Produk, pada tahap ini video pembelajaran di desain dan dikembangkan untuk dijadikan suatu produk; (3) Tahap Pengembangan dan (4) Tahap Implementasi, tahapan ini meliputi proses validasi kepada ahli dan uji coba video kepada siswa sebagai calon pengguna yang akan menggunakan produk, dilakukan secara sirkular; (5) Tahap Evaluasi, dilakukan eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group desain untuk mengetahui efektifitas video dan kelayakan video dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IV SD Negeri 068083 Medan yang dipilih secara cluster random sampling yang berjumlah 29 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 28 siswa sebagai kelompok kontrol dan angket untuk mengetahui tanggapan siswa dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terhadap penggunaaan video pembelajaran tersebut. Perolehan nilai dari ahli dan responden uji coba berada pada kategori “sangat layak” dengan presentase 89% dan terdapat perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata nilai posttest siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu skor kelompok eksperimen ≠ skor kontrol yang dimana nilai untuk kelompok eksperimen 80 > 50 nilai kelompok kontrol, dan nilai tersebut dikuatkan dengan tanggapan siswa melalui angket yang disebarkan kepada siswa terhadap penggunaan video pembelajaran animasi. Dengan demikian, dapat dibuktikan bahwa video pembelajaran animasi yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa keas IV SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 371.33 Man p
Keywords: Media Pembelajaran, Pengembangan Video, Video Pembelajaran Animasi, Meningkatkan Hasil Belajar Matematika kelas IV SD
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 Jun 2024 05:17
Last Modified: 27 Jun 2024 05:17
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58639

Actions (login required)

View Item
View Item