Manulisa, Ellyza (2024) Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran Matematika Kelas IV SD NEGERI 068083 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
8216121004_Cover.pdf
Download (198kB)
8216121004_Lembar_Pengesahan.pdf
Download (190kB)
8216121004_Abstrak.pdf
Download (314kB)
8216121004_Kata_Pengantar.pdf
Download (206kB)
8216121004_Daftar_Isi.pdf
Download (261kB)
8216121004_Daftar_Tabel.pdf
Download (339kB)
8216121004_Daftar_Gambar.pdf
Download (235kB)
8216121004_Daftar_Lampiran.pdf
Download (235kB)
8216121004_BAB_I.pdf
Download (644kB)
8216121004_BAB_V.pdf
Download (288kB)
8216121004_Daftar_Pustaka.pdf
Download (509kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran yaitu video pembelajaran animasi untuk meningkatkan hasil belajar pada pelajaran matematika yang efektif dan mudah digunakan untuk pembelajaran matematika. Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE. Yang dimana tahapannya sebagai berikut : (1) Tahap Analisis Kebutuhan, analisis ini dilakukan melalui studi lapangan yang dilalui dengan beberapa tahpan; (2) Tahap Desain Produk, pada tahap ini video pembelajaran di desain dan dikembangkan untuk dijadikan suatu produk; (3) Tahap Pengembangan dan (4) Tahap Implementasi, tahapan ini meliputi proses validasi kepada ahli dan uji coba video kepada siswa sebagai calon pengguna yang akan menggunakan produk, dilakukan secara sirkular; (5) Tahap Evaluasi, dilakukan eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group desain untuk mengetahui efektifitas video dan kelayakan video dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IV SD Negeri 068083 Medan yang dipilih secara cluster random sampling yang berjumlah 29 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 28 siswa sebagai kelompok kontrol dan angket untuk mengetahui tanggapan siswa dari kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terhadap penggunaaan video pembelajaran tersebut. Perolehan nilai dari ahli dan responden uji coba berada pada kategori “sangat layak” dengan presentase 89% dan terdapat perbedaan yang signifikan antara skor rata-rata nilai posttest siswa kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu skor kelompok eksperimen ≠ skor kontrol yang dimana nilai untuk kelompok eksperimen 80 > 50 nilai kelompok kontrol, dan nilai tersebut dikuatkan dengan tanggapan siswa melalui angket yang disebarkan kepada siswa terhadap penggunaan video pembelajaran animasi. Dengan demikian, dapat dibuktikan bahwa video pembelajaran animasi yang dikembangkan layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa keas IV SD.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.33 Man p |
Keywords: | Media Pembelajaran, Pengembangan Video, Video Pembelajaran Animasi, Meningkatkan Hasil Belajar Matematika kelas IV SD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 05:17 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 05:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58639 |