PENERAPAN MINIMUM SPANNING TREE PADA JARINGAN PIPA DISTRIBUSI AIR PDAM TIRTA BENGI DI SIMPANG TIGA REDELONG DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FLOYD-WARSHALL

Nita, Andra Febiola and Marpaung, Faridawaty (2023) PENERAPAN MINIMUM SPANNING TREE PADA JARINGAN PIPA DISTRIBUSI AIR PDAM TIRTA BENGI DI SIMPANG TIGA REDELONG DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA FLOYD-WARSHALL. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu teknik yang berguna untuk mencari pohon merentang minimum adalah algoritma Floyd- Warshall. Sebuah penelitian kasus telah dilakukan untuk mengatasi masalah volume air yang disalurkan kepada pelanggan kecil. Air yang disalurkan tercemar, dan distribusi air belum optimal. Studi ini bertujuan untuk menemukan solusi bagi masalah ini serta meningkatkan efisiensi jaringan distribusi air bersih di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bengi di Simpang Tiga Redelong, Kecamatan Bukit. Data yang diperoleh dari PDAM Tirta Bengi diubah menjadi graf berbobot, graf terhubung, dan graf tak berarah. Berdasarkan data ini, panjang total pipa air yang terpasang adalah 12.428 meter dengan 39 simpul dan 49 sisi ketika dihitung secara manual. Namun, dengan menggunakan algoritma Floyd-Warshall, panjang pipa yang dibutuhkan adalah 8.788 meter dengan 39 simpul dan 37 sisi. algoritma Floyd-Warshall menghasilkan penghematan pipa sepanjang 3.640 meter. Penggunaan bahasa pemrograman C++ sangat membantu dalam memeriksa perhitungan pohon merentang minimum secara otomatis. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa algoritma Floyd- Warshall mampu mengoptimalkan jaringan distribusi air bersih di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bengi, Kecamatan Bukit.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Algoritma Floyd Warshall, Minimum Spanning Tree, Program C++
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines
Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 Jun 2024 03:43
Last Modified: 27 Jun 2024 03:44
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58636

Actions (login required)

View Item
View Item