OPTIMALISASI WAKTU NYALA LAMPU HIJAU MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC PADA PERSIMPANGAN JALAN SISINGAMANGARAJA - JALAN TURI KOTA MEDAN

Manalu, Jimmi Parlindungan (2023) OPTIMALISASI WAKTU NYALA LAMPU HIJAU MENGGUNAKAN FUZZY LOGIC PADA PERSIMPANGAN JALAN SISINGAMANGARAJA - JALAN TURI KOTA MEDAN. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan paling umum pada lalu lintas yang disebabkan karena bertambahnya jumlah kendaraan adalah kemacetan, khususnya yang terjadi di persimpangan dengan lampu lalu lintas, contohnya persimpangan UISU dijalan isingamangaraja. Simpang UISU merupakan jalur penting yang sering dilewati oleh masyarakat, khususnya warga Delitua dan sekitarnya yang hendak bekerja kekota Medan, juga terdapat Universitas Islam Sumatera Utara dan fasilitas umum lainnya sehingga menuntut dilakukan optimalisasi nyala lampu lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan terkhusus saat jam sibuk. Penelitian dilakukan menggunakan logika fuzzy metode mamdani dengan input berupa jumlah mobil, motor dan becak dan dengan output yang diharapkan adalah lama nyala lampu dalam satuan detik, dari penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa lama nyala lampu yang didapat melalui proses logika fuzzy dan lama nyala lampu yang telah diterapkan adalah beda. Jalur Sisingamangaraja(selatan) yang merupakan jalur paling padat dipersimpangan UISU mendapatkan hasil lama nyala lampu dengan kisaran optimal 80 sampai 120 detik menggunakan logika fuzzy sedangkan pada kenyataan dilapangan adalah tepat 80 detik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Logika Fuzzy, Optimalisasi, Persimpangan
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Q Science > QA Mathematics > QA75.5 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 Jun 2024 02:03
Last Modified: 27 Jun 2024 02:03
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58624

Actions (login required)

View Item
View Item