OPTIMALISASI HASIL PANEN PADI BERDASARKAN KOMBINASI PUPUK MENGGUNAKAN METODE FUZZY GOAL PROGRAMMING (STUDI KASUS DINAS PERTANIAN KABUPATEN TAPANULI UTARA)

Sitompul, Ima Uli Sri Natasya and Nasution, Hamidah (2023) OPTIMALISASI HASIL PANEN PADI BERDASARKAN KOMBINASI PUPUK MENGGUNAKAN METODE FUZZY GOAL PROGRAMMING (STUDI KASUS DINAS PERTANIAN KABUPATEN TAPANULI UTARA). In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sektor pertanian, terutama di Kecamatan Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Utara, sangat penting bagi ekonomi rumah tangga. Padi adalah tanaman utama, dengan keberhasilan panen tergantung pada penggunaan pupuk yang optimal untuk nutrisi tanaman. Namun, petani di Kecamatan Pahae Jae, Kabupaten Tapanuli Utara menghadapi keterbatasan biaya dalam pembelian pupuk. Sehingga,penelitian ini bertujuan untuk menentukan hasil panen padi optimal dengan meminimalkan biaya pembelian pupuk menggunakan metode Fuzzy Goal Programming. Adapun variabel keputusan yang ditentukan ialah empat jenis kombinasi pupuk antara Urea, SP 36, dan KCl dalam satuan kg/ha. Nutrisi tanaman, seperti Nitrogen (N), Phosphorus (P), dan Kalium (K), menjadi kendala dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk mencapai hasil panen yang diinginkan dengan biaya pembelian pupuk seminimal mungkin. Dalam model Fuzzy Goal Programming, toleransi diterapkan pada masing-masing target dan syarat unsur hara. Berdasarkan model yang diperoleh maka didapatkan hasil panen padi optimal di Kecamatan Pahae Jae sebesar 5695 kg/ha dengan biaya pembelian pupuk yang berhasil diminimalkan menjadi Rp934.169. Kombinasi pupuk optimal yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 261 kg/ha Urea, 60 kg/ha SP36, dan 52 kg/ha KCl, dengan fungsi keanggotaan Fuzzy dari setiap fungsi tujuan bernilai 1 yang artinya setiap tujuan memperoleh tingkat kepuasan yang tinggi.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Fuzzy, Goal Programming, Kombinasi Pupuk, Unsur Hara
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA273 Probabilities. Mathematical statistics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 27 Jun 2024 01:51
Last Modified: 27 Jun 2024 01:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58621

Actions (login required)

View Item
View Item