OPTIMALISASI PENJADWALAN SHIFT KERJA PERAWAT DN BIDAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TAPANULI TENGAH MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA

Pasaribu, Wardatul Ilma and Marpaung, Faridawaty (2023) OPTIMALISASI PENJADWALAN SHIFT KERJA PERAWAT DN BIDAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH TAPANULI TENGAH MENGGUNAKAN ALGORITMA GENETIKA. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penjadwalan dan penugasan jumlah tenaga kerja yangdiperlukan merupakan suatu masalah yangsering terjadi di suatu instansi-instansi yang beroperasi 24 jam dalam satu hari. Salah satunya adalah rumah sakit. Dampak dari panjangnya jam kerja dikhawatirkan dapat mempengaruhi kualitas kinerja,kondisi fisik maupun kehidupan sosial perawat amupun bidan. Dalam penelitian ini, diterapkanalgoritma genetika untuk menyelesaikan permasalahan penjadwalan perawat dan bidan. Panjang kromosom yang digunakan ada 210 gen yang mana pada setiap gennya akan direpresentasikan kode nama perawat ataupun bidannya. Metode crossover yang digunakan yaitu one cut point dengan mutasi reciprocal exchange mutation. Dari hasil perhitungan manual didapatkan solusi optimal dengan nilai fitness terbaik dengan ukuran populasi yang sama yaitu 5 individu untuk setiap ruangan, dan banyaknya iterasi yang berbeda-beda, 2 kali iterasi untuk ruang anggrek, 1 kali iterasi untuk ruang melati, 3 kali iterasi untuk ruang mawar, 3 kali iterasi untuk ruang flamboyan, dan 2 kali iterasi untuk ruang teratai, serta tidak ditemukan adanya pelanggaran baik soft constraint maupun hard constraint. Dari hasil implementasi pemrograman JAVA masih ditemukan beberapa pelanggaran soft constraint sehingga mengakibatkan jadwal yang dihasilkan belum optimal. Hal ini disebabkan oleh Panjang kromosom serta kombinasi metode crossover dan mutasi yang digunakan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Penjadwalan Perawat dan bidan, Ruang Rawat Inap, Algoritma Genetika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA101 Elementary mathematics. Arithmetic
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 26 Jun 2024 09:57
Last Modified: 27 Jun 2024 16:01
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58616

Actions (login required)

View Item
View Item