PENERAPAN ALGORITMA BELLMAN-FORD UNTUK MENENTUKAN LINTASAN TERPENDEK DALAM PENDISTRIBUSIAN BARANG PADA PT. GLOBAL JET CARGO (J&T CARGO)

Br. Ketaren, Enzel Sri Ulina and Marpaung, Faridawaty (2023) PENERAPAN ALGORITMA BELLMAN-FORD UNTUK MENENTUKAN LINTASAN TERPENDEK DALAM PENDISTRIBUSIAN BARANG PADA PT. GLOBAL JET CARGO (J&T CARGO). In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di era globalisasi menuntut untuk mengetahui berbagai metode aktivitas yang efektif dan efesien. Aktivitas manusia yang sangat padat sehingga di tuntut untuk melakukan perpindahan yang membutuhkan suatu metode yang membantu dalam penentuan lintasan terpendek. PT. Global Jet Cargo(J&T Cargo) erupakan perusahaan yang mendistribusikan barang paketan dengan cara memenuhi permintaan pada setiap outlet tanpa pertimbangan jarak jempuh untuk mencapai lokasi tersebut, sehingga waktu distribusi dapat melebihi waktu yang tersedia dan terdapat outlet yang tidak terlayani atau keterlambatan pengiriman produk pada PT. Global Jet Cargo(J&T Cargo) belum
memiliki penyusunan rute yang tetap, sehingga dapat berubah-ubah sewaktu-waktu yang berdampak pada ketidaktetapan waktu pendistribusian produk. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui jalur lintasan terpendek dalam pendistribusian barang pada PT. Global Jet Cargo(J&T) menggunakan Algoritma Bellman-Ford. Algoritma yang digunakan untuk mencari jalur lintasan terpendek yaitu Algoritma Bellman-Ford. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan Algoritma Bellman-Ford, diperoleh lintasan terpendek dalam pendistribusian barang pada PT. Global Jet Cargo(J&T Cargo) yaitu dengan jarak tempuh 55,9 Km.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Algoritma Bellman-Ford, Lintasan Terpendek, Pendistribusian
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA150 Algebra
Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines
Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 26 Jun 2024 09:45
Last Modified: 27 Jun 2024 16:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58613

Actions (login required)

View Item
View Item