PEMETAAN TINGKAT PENGANGGURAN DI PROVINSI SUMATERA UTARA MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DENGAN METODE K-MEDOIDS

Rambe, Wirda Silvia and Arnita (2023) PEMETAAN TINGKAT PENGANGGURAN DI PROVINSI SUMATERA UTARA MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DENGAN METODE K-MEDOIDS. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengangguran adalah masalah yang sering terjadi dinegara-negara berkembang seperti Indonesia dengan tingginya laju pertumbuhan penduduk, ketimpangan akses terhadap pekerjaan, pendidikan yang rendah dan faktor lainnya. Tujuan dari penelitian ialah untuk memetakan kasus pengangguran di Provinsi Sumatera Utara dengan mengembangkan Sistem Informasi Geografis (SIG) dengan metode K-medoids. Hasil kelompok akan di evaluasi dengan silhoute index untuk memastikan hasil dengan kualitas yang baik. Pada hasil yang telah di analisis menggunakan K-medoids adalah menunjukkan hasil berikut: Cluster 1 adalah warna hijau tua dengan melingkupi kabupaten/kota yang tingkat pengangguran sangat rendah. Cluster 2 adalah warna hijau dengan melingkupi kabupaten/kota yang tingkat pengangguran rendah . Cluster 3 yaitu warna kuning dengan melingkupi kabupaten/kota yang tingkat pengangguran sedang. Cluster 4 yaitu warna Jingga dengan melingkupi kabupaten/kota yang tingkat pengangguran tinggi. Cluster 5 yaitu warna Jingga dengan melingkupi kabupaten/kota yang tingkat pengangguran sangat tinggi. Nilai silhouette index tertinggi adalah sebesar 0.2521dengan menghasilkan jumlah cluster terbaik adalah 5. Sistem Informasi Geografis yang dirancang khusus untuk Badan Pusast Statistika Provinsi Sumatera Utara yang bertujuan dalam memberikan informasi tentang sebaran tingkat pengangguran pada kabupaten/kota.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Tingkat pengangguran, Sistem Informasi Geografis, Partitionong Around Medoids, Silhouette Index, pemetaan, Provinsi Sumatera Utara
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA299 Analysis
Q Science > QA Mathematics > QA71 Instruments and machines
Q Science > QA Mathematics > QA801 Analytic mechanics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 26 Jun 2024 08:05
Last Modified: 27 Jun 2024 16:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58598

Actions (login required)

View Item
View Item