ANALISIS PENERIMAAN E-LEARNING BERDASARKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DENGAN PENDEKATAN PARTIAL LEAST SQUARE - STRUCTURAL EQUATION MODELING

Mingka, Rizka Annisa and Nasution, Hamidah (2023) ANALISIS PENERIMAAN E-LEARNING BERDASARKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL DENGAN PENDEKATAN PARTIAL LEAST SQUARE - STRUCTURAL EQUATION MODELING. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Article.pdf] Text
Article.pdf

Download (2MB)

Abstract

Analisis penerimaan e-learning dilakukan berdasarkan Technology Acceptance Model (TAM) yang telah teruji untuk mengukur penerimaan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan terhadap SIPDA FMIPA Universitas Negeri Medan dengan meninjau hubungan antar
variabel laten dengan pendekatan Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM), serta untuk mengetahui model PLS-SEM yang diperoleh. Data yang digunakan berasal dari kuesioner yang disebar kepada mahasiswa FMIPA Universitas Negeri Medan angkatan 2019. Hasil penelitian
mengindikasi bahwa seluruh indikator telah memenuhi kriteria penilaian validitas dan reliabilitas dalam membentuk model penerimaan e-learning. Analisis penerimaan SIPDA FMIPA Universitas Negeri Medan sebagai e-learning yang digunakan sudah cukup baik. Peningkatan pada perspektif kemudahan penggunaan dan perspektif kegunaan akan menyebabkan peningkatan pada sikap terhadap penggunaan SIPDA FMIPA Universitas Negeri Medan berturut-turut sebesar 20.0% dan 58.5%. Sikap terhadap penggunaan dan perspektif kegunaan yang meningkat akan menyebabkan peningkatan pada
minat terhadap penggunaan SIPDA FMIPA Universitas Negeri Medan berturut-turut sebesar 58.6% dan 15.7%. Minat dalam menggunakan SIPDA FMIPA Universitas Negeri Medan berpengaruh sebesar 66.0% tehadap penggunaannya, namun peningkatan minat mahasiswa belum tentu meningkatkan penggunaan yang sebenarnya pada e-learning tersebut.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Penerimaan E-Learning, TAM, PLS-SEM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 26 Jun 2024 07:51
Last Modified: 27 Jun 2024 15:58
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58595

Actions (login required)

View Item
View Item