Pratama, Yoga Dhanu (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKUKURAN LISTRIK PADA KELAS X TIPTL SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM. 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5113131045 COVER.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
2. NIM 5113131045 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM 5113131045 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM 5113131045 PREFACE.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
5. NIM 5113131045 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
6. NIM 5113131045 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
7. NIM 5113131045 TABELS.pdf - Published Version
Download (32kB) | Preview
8. NIM 5113131045 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (352kB) | Preview
12. NIM 5113131045 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
13. NIM 5113131045 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk yaitu media pembelajaran interaktif dasar dan pengukuran listrik pada materi pokok pengukuran besaran lsitrik. Media pembelajaran termasuk hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran, media pembelajaran yang baik sangat efektif digunakan dalam proses belajar mengajar. Penulis mencoba mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dapat digunakan dalam bentuk software media pembelajaran interaktif yang dibuat menggunakan Adobe Flash CS6. Penulis mengembangkan media pembelajaran interaktif bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami pelajaran dan juga memudahkan pengajar dalam menyampaikan pelajaran.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, Jalan Galang Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara di kelas X TIPTL SMK Negeri 1 Lubuk Pakam pada bulan Februari 2016. Variabel dalam penelitian ini adalah Pengembangan Media Pembelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik. Sedangkan sample penelitian ini adalah 20 orang siswa kelas X Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Secara umum, penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisys, Design, Develovment, Implementation, Evaluation) dengan langkah-langkah mengunakan metode penelitian Reasearch and Development (R&D). Pengertian penelitian dan pengembangan tertuju pada proses, penelitian tidak menghasilkan objek, sedangkan pengembangan menghasilkan objek yang dapat dilihat dan diraba.
Dari data yang diperoleh melalui angket yang ada, secara keseluruhan responden menilai software media pembelajaran interaktif sangat menarik, kreatif juga terstruktur dan memenuhi indikator kelayakan sebesar 4,45 dari para ahli media, 4,77 dari ahli materi dan 4,66 dari para siswa atau dalam kriteria Sangat Baik. Dengan demikian pengembangan media pembelajaran sangat baik dilakukan melihat dari penilaian para responden dan juga tanggapan positif dan mendukung untuk media pembelajaran berbasis software media pembelajaran interaktif ini. Para siswa menyukai pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran Dasar dan Pengukuran Listrik
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 ELK 020 |
Keywords: | Media Pembelajaran Interaktif; Research and Develovment (R&D); model pengembangan ADDIE; Dasar dan Pengukuran Listrik. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 18 Jun 2016 03:41 |
Last Modified: | 18 Jun 2016 03:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/5859 |