IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DILIHAT DARI PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP KARYA BUNDA MANDIRI

Ramadhani, Widya and Gultom, Syawal (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DILIHAT DARI PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP KARYA BUNDA MANDIRI. In: Seminar Nasional Jurusan Matematika 2023, Transformasi Matematika dan Teknologi Menuju Generasi Matematika Unggul untuk Pendidikan Indonesia Maju, 09 November 2023, Medan.

[thumbnail of Fulltext.pdf] Text
Fulltext.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika dilihat dari partisipasi siswa melalui model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam pembelajaran matematika pada materi SPLDV di kelas VIII SMP Karya Bunda Mandiri Medan yang berjumlah 24 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Instrumen penelitian dalam pengumpulan data adalah tes, angket dan lembar observasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran mengalami peningkatan, dimana berdasarkan hasil observasi proses pembelajaran untuk siklus I yaitu 2,84 sudah berada pada kategori baik dan siklus II yaitu 3,54 berada pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tes juga mengalami peningkatan, dimana pada tes kemampuan komunikasi matematika dilihat dari partisipasi siswa di siklus I persentase ketuntasan hanya 29,2% (7 siswa) dengan rata-rata 55,2 dan pada siklus II menjadi 83,3% (20 siswa) dengan nilai rata-rata 81,6. Sehingga peserta didik sudah memenuhi persentase ketuntasan klasikal yaitu (≥ 75%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah pada materi
SPLDV di kelas VIII SMP Karya Bunda Mandiri Medan dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dilihat dari partisipasi siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Proceeding)
Keywords: Pembelajaran berbasis masalah; Komunikasi matematika; Partisispasi murid
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Jun 2024 09:27
Last Modified: 19 Jun 2024 09:27
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/58569

Actions (login required)

View Item
View Item